Plt Bupati H Subandi Bersama Baznas Bantu Perbaikan Empat Rumah Warga di Gedangan dan Buduran

Sidoarjo - Empat warga Kecamatan Buduran dan Gedangan ini lega dan bersyukur. Musim hujan sudah semakin dekat. Rumah mereka saat ini masih rusak berat. Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn datang untuk mengulurkan bantuan. Rumah mereka segera diperbaiki.

Empat warga itu adalah M. Irfan Efendi dan Khomariah. Keduanya warga Desa Tebel RT01/RW01, Kecamatan Gedangan. Dua warga lainnya ialah Sugeng Wandoyo dan Iis, warga Desa Sidomulyo Kecamatan Buduran. Tempat tinggal mereka masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Awalnya, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gedangan dan Buduran melaporkan kondisi tersebut ke Pemkab Sidoarjo. Sampailah laporan itu Plt Bupati H Subandi. Informasi itu ditelaah. Dipastikan bahwa mereka benar-benar membutuhkan. Semua tergolong tidak mampu. 

Subandi pun merespons cepat dengan melakukan inspeksi ke rumah Irfan dan Khomariah, serta Sugeng dan Iis. Pada Sabtu pagi (13/7), Subandi datang bersama Dinas Sosial Sidoarjo dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo. Ini bentuk perhatian pemimpin daerah kepada rakyatnya.

”Semua laporan, terutama mengenai RTLH dan orang sakit, segera kami tindak lanjuti. Bantuan dari Baznas akan diberikan. Perbaikan dilakukan karena sebentar lagi memasuki musim hujan,” ujar Subandi saat menyaksikan kondisi rumah Sugeng, warga Desa Sidomulyo, Buduran.

Program perbaikan RTLH merupakan bukti kepedulian   Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat yang membutuhkan. Warga tidak mampu bisa menempati tempat hunian yang layak. Mereka bisa hidup nyaman dan aman.

Dampak positifnya lainnya adalah lingkungan sekitar menjadi sehat. Pogram perbaikan RTLH ini diharapkan juga diiringi dengan program Open Defecation Free (ODF). Dibangunkan jamban yang sehat agar tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan.

’’Pemerintah hadir membantu warga yang membutuhkan. Empat rumah yang sudah dicek nantinya diperbaiki. Atap rumah dan tembok direhab. Yang tidak memiliki kamar mandi akan kita bangunkan kamar mandi. Agar warga lebih terjaga kesehatannya,” tambah H Subandi.

Irfan Efendi, pemilik rumah di Desa Tebel RT 01/RW 01, Kecamatan Gedangan, mengaku sangat bersyukur dapat bantuan perbaikan rumah. Lelaki berusia 28 tahun itu mengucapkan terima kasih berkali-kali kepada H Subandi dan Baznas.

Bantuan renovasi rumah ini merupakah berkah bagi Irfan yang hanya tinggal berdua dengan kakaknya. Dia benar-benar bersyukur. Rumah itu warisan orang tua. kondisinya sudah buruk. Sudah lama Irfan ingin memperbaikinya. Namun, dia tidak punya biaya.’’Alhamdulillah dapat bantuan untuk merenovasi rumah. Terima kasih Pak Subandi yang sangat peduli kepada orang tidak mampu seperti saya,” ungkap Irfan dengan mata berkaca-kaca.

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang Disidak dan Dibantu Perbaikan oleh Plt  Bupati H Subandi pada Sabtu (13/7) :

1. Kediaman M.Irfan Efendi, Desa Tebel RT01/RW01 Kecamatan Gedangan.

2. Kediaman Khomariah, Desa Tebel RT01/RW01 Kecamatan Gedangan.

3. Kediaman Sugeng Wandoyo, Desa Sidomulyo Kecamatan Buduran.

4. Kediaman Iis, Desa Sidomulyo Kecamatan Buduran. (had)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement