Perkuat Silaturahmi, Pemkot Surabaya Gelar Sepak Bola U-45 Rebutkan Piala Walikota

 




Surabaya-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sukses menggelar pertandingan Sepak Bola Usia-45 dalam memperebutkan Piala Walikota, di Lapangan Thor, Jalan Patmosusastro Surabaya, Jumat kemarin (5/7/2024).

Pertandingan Sepak Bola U-45 itu diikuti oleh masyarakat dari seluruh kecamatan di Kota Pahlawan. Bahkan, beberapa para pemain legendaris Persebaya Surabaya ikut menyemarakan pertandingan tersebut.

Lewat pertandingan yang cukup sengit itu, Juara Pertama mampu diboyong oleh Kecamatan Karangpilang. Selanjutnya, Juara Kedua adalah Kecamatan Tambaksari, Juara Ketiga adalah Kecamatan Sukomanunggal, dan Juara Keempat diraih oleh Kecamatan Wonokromo.

Mewakili Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, Ikhsan menyampaikan bahwa pertandingan ini merupakan gelaran pertama yang dibuat oleh Pemkot Surabaya bagi peserta dengan kategori U-45.

“Luar biasa, meskipun pemainnya dari tingkat kecamatan dan usianya sudah 45 tahun ke atas, tetapi (atlet) legendaris ikut turun semua,” kata Ikhsan.

Ikhsan juga dibuat takjub. Ia menyaksikan sendiri bagaimana stamina para pemain masih sangatlah bagus. Sebab, mereka saling berebut dan mengejar bola. “Ini menjadi forum silaturahmi antar pemain. Kita harapkan ini menjadi contoh bagi pemain yang muda. Karena juga mereka (senior) jadi pembina di club-club bola yang ada di seluruh Surabaya,” terangnya.

Melihat antusiasme para pemain Sepak Bola U-45, Ikhsan menyampaikan bahwa pertandingan dalam memperebutkan Piala Walikota ini rencananya akan kembali digelar di tahun berikutnya.

“Permintaannya adalah tetap U-45 dan permainan berlangsung selama 15 menit. Ini pasti akan digelar setiap tahun, kami berharap para pemain sehat semua agar tahun depan bisa bertemu lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan bahwa pertandingan Sepak Bola U-45 dalam memperebutkan Piala Walikota merupakan salah satu hasil usulan dari masyarakat.

“Animonya sangat tinggi, apalagi dalam menyambut AFF U-19. Akhirnya Pak Wali menyelenggarakan acara ini di Lapangan Thor, yang juga merupakan salah satu lapangan legendaris milik Kota Surabaya, lalu di sebelahnya ada Gelora Pancasila yang akan digunakan sebagai venue Volly Champion tingkat Asia,” kata Hidayat Syah.

Hidayat Syah juga tak menyangka bahwa pertandingan Sepak Bola U-45 akan menyedot perhatian masyarakat. Sebab, usia para peserta sudah tidak muda lagi, namun saat pertandingan mereka terus mengundang gelak tawa penonton. Mereka menunjukkan aksinya dalam memperebutkan, maupun mempertahankan bola dari lawan.

“Ini adalah acara fun (menyenangkan), kalau tahun depan para peserta yang hari ini bertanding dapat hadir lagi, maka bisa menjadi ajang keakraban dan kekeluargaan antar warga di kecamatan,” pungkasnya. (Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement