Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 serta HUT IAD ke 24, Kejari Tanjung Perak Gelar Kegiatan Donor Darah dan Penanaman Pohon


Surabaya, Newsweek - Kejaksaan Negeri Tanjung Perak mengadakan serangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-24 pada tahun 2024.

Berbagai kegiatan tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap masyarakat serta lingkungan sekitar.

Donor Darah

Pada Selasa, 9 Juli 2024, acara donor darah dilaksanakan di Aula R Soeprapto, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya. Acara ini dimulai pukul 08.30 WIB hingga 11.45 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Kajari Tanjung Perak, Ricky Setiawan Anas, S.H., M.H., CSSL, bersama dengan para kepala seksi (Kasi), kepala sub bagian (Kasubagbin), dan seluruh pegawai Kejari Tanjung Perak. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Kejari Tanjung Perak dan Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya dan menjadi agenda rutin tahunan.

Ricky Setiawan Anas menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini adalah bentuk nyata dari rasa kepedulian pegawai Kejari Tanjung Perak terhadap sesama. “Dengan mendonorkan darah, kita dapat menyelamatkan banyak nyawa yang membutuhkan,” ujar Ricky.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya atas kerja sama dan fasilitas yang diberikan sehingga acara berlangsung dengan lancar. Salah satu pegawai yang turut mendonorkan darah, Fadhel Muh. Fikri Soni Saputra, S.H., mengatakan bahwa ini adalah kali ke-13 ia mendonorkan darah. “Dampak positif yang saya rasakan dari mendonor adalah tubuh menjadi lebih sehat,” ungkapnya.

Penanaman Pohon

Pada Senin, 15 Juli 2024, kegiatan penanaman pohon diadakan di PT. Terminal Teluk Lamong, Kelurahan Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Surabaya. Acara ini dihadiri oleh 30 orang dari Forum Komunikasi Pimpinan Kota Surabaya serta perwakilan dari PT Pelindo dan PT Terminal Teluk Lamong. Sebanyak 20 pohon ditanam dalam kegiatan tersebut.

Ricky Setiawan Anas dalam sambutannya menjelaskan bahwa penanaman pohon ini adalah wujud kepedulian insan adhyaksa, khususnya Kejari Tanjung Perak, terhadap pentingnya menjaga pembangunan berkelanjutan.

“Untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan, PBB telah menetapkan SDGs. Di Indonesia, melalui Kementerian Keuangan, anggaran negara telah dialokasikan untuk mendukung transformasi ekonomi hijau,” jelasnya.

Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya bertujuan untuk menangani kejahatan lingkungan, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan. Sementara, Jenis pohon yang ditanam antara lain trambesi, skasia, kenanga, dan beringin.

Ricky berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi masyarakat untuk menjaga kelestarian sumber daya alam demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dengan kegiatan-kegiatan ini, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak berusaha memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat dan lingkungan, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. (Ban)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement