Suharto Membuka Musrenbangdes 2023


BANYUWANGI - Pada hari Selasa (17/10/2023) Suharto Kepala Desa Singojuruh kecamatan Singojuruh Banyuwangi, telah mengawali membuka pelaksanaan Musyawarah Perencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2023 desa Singojuruh.

Musrenbangdes 2023 digelar di Pendoo kantor Desa Singojuruh, dalam rangka untuk Penetapan Rencana Kerja Pemerintaan Desa (RKPDes) Tahun 2024 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU RKPDes) Tahun 2025.

TEMA “ Menjamin Investasi Yang Aman Dan Efektif Untuk Pembiayaan Proyek Strategis, yang bertujuan Dalam Peningkatan PAD dan Eksplore”

Musrenbangdes merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan di desa, dengan tujuan untuk mengakomodir usulan dari bawah ke atas (bottom-up) atau diawali tilik dusun untuk mendengarkan aspirasi masyarakat tingkat bawah.

Hadir dalam pelaksanaan Musrenbangdes 2023 desa Singojuruh .Camat Singojuruh atau yang mewakili. Kepala Desa Singojuruh Suharto. Kasi PMK HARI bersama Staf. Humas Polsek Singojuruh. Babinsa.  Pendamping desa. Para delegasi perwakilan. Kepala Puskesmas Singojuruh. Para Kepala Dusun. Tokoh Masyarakat. Tokoh Pemuda. Para Kepala Sekolah se-Kecamatan Singojuruh. Kepala SKPD .Ketua BPD Singojuruh beserta anggota, PKK Para medis dan undangan.

Suharto Kepala desa Singojuruh mengungkapkan “ bahwa Musrenbangdes ini dalam rangka untuk menyampaikan disetiap titik kegiatan di desa kami baik lima bidang yaitu, Bidang Pertanian, Bidang Kesehatan, Bidang Fispra, Bidang Pendidikan. Umum.”

Setelah terlaksana dari Desa di bawah ke Musrenbangcam diteruskan Musrenbangda (kabupaten) ini semua merupakan SOP pemerintahan yang dilakukan selama ini. Seperti biasanya sebelum tahun politik, kami setiap Musrenbangdes selalu menghadirkan anggota dewan, dan sekarang kosong, sebab dalam pencalonan tahun 2024.

Kami selaku Pemerintah desa mohon “dukungan, inovasi,kriasi, aspirasi masyarakat untuk disampaikan melalui mekanisme yang ada. Untuk kegiatan Musrenbangdes Th 2022 saya laporkan pembangunan fisik Papingisasi di Dusun Krajan Barat, Krajan Selaan, Pasinan Timur. Kunir.”

Melalui rapat untuk menyampaikan RKPDes tahun 2024 diharapkan bagi yang belum tercapai segera tercapai.” Ungkapnya dan langsung membuka Musre3nbangdes 2023.

Dikomfirmasi ditanya mengapa desa Singojuruh selalu mengawali Musrenbangdes dari 11 desa di kecamatan Singojuruh ? “desa Singojuruh merupakan Wali kota di kecamatan, untuk itu sebagai percontohan dan selalu siap. Diharapkan dalam SOP desa Singojuruh harus diutamakan. Katanya

Ketua BPD Singojuruh Sheloo menjelaskan “ Setiap tahun kita melaksanakan Musrenbangdes, tujuannya untuk menampung aspirasi masyarakat di dusun masing-masing, melalui Musdus.sehingga usulannya di sampaikan ke Musrenbangdes “.

“Begitu juga dengan bidang yang lain, seperti Bidang Pendidikan. Bidang Kesehatan, Bidang Pertanian, Fispra, Umum. ini di musyawarahkan bersama untuk prioritas yang nanti dibawah ke Musrenbangcam, Musrenbaqngda.” Ungkapnya

Kasi PMK Hary menambahkan “ dalam Bidang Pendidikan akan direkomandasikan untuk pengelolahan PAUD., dan PAUD itu  isinya TK dan Play GoUp (kelompok bermain). Stunting masih tetap 19 KBM. Ibu hamil 25 KBM. Untuk penanganan stunting kita bekerja sama dengan Forpinkab maupun dengan desa lain, dan data ini dinamis, karena setiap bulan berubah-ubah. Ungkanya. (jok)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement