Warga Dusun Keniten, Ds. Keniten, Kec. Mojo Dapat Bantuan Sumur Bor dari Pemkab. Kediri

KEDIRI - Masyarakat Dusun Keniten Desa Keniten Kecamatan Mojo kini dapat menatap masa depan yang sangat cerah. Bagaimana tidak, Pemerintah Kabupaten Kediri telah membangun sebuah Sumur Bor yang dapat dipergunakan oleh warga untuk mendapatkan air bersih. Karena air bersih merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti air minum, mandi, mencuci dan menyiram tanaman.

Menurut Effendi warga asli Dusun Keniten ini (5/10), dulu sebelum ada Sumur Bor ini warga mendapatkan air bersih dari sumber mata air yang oleh warga diberi nama Sumber Baduk Limas yang dialirkan ke bak penampungan yang dibangun oleh warga.
 
Namun saat hujan lebat tiba dan sumber air meningkat pipa yang ada tersumbat lumpur dan kotoran yang mengakibatkan suplai air bersih menjadi tersendat. Harapan saya dengan adanya Sumur Bor ini masyarakat merasa tenang tidak lagi kesulitan air bersih disegala cuaca. Ungkap Effendi.

Drs. Sampurno, MM. Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Kediri mengatakan Sumur Bor ini dibangun sedalam 80 meter dengan disedot pompa berkekuatan 2 Hp.(Tenaga Kuda) Kemudian disalurkan ke bak penampungan air dengan kapasitas 5300 liter air.
Nantinya air bersih ini akan untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga Dusun Keniten sebanyak 160 Kepala keluarga. 

Perdetik pompa dari Sumur Bor ini dapat mengeluarkan 2 liter air bersih. Untuk perawatan kedepannya setiap warga akan dipasang meteran yang akan menghitung berapa air yang digunakan dari situlah iuran yang harus dibayar oleh warga. “Dengan iuran itu untuk membayar listrik dan perawatan pipa jika sewatu-waktu adala masalah,” terang Sampurno.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno saat memberikan batuan air bersih kepada warga keniten menegaskan saya tidak mau mendengar lagi ada mobil tangki bantuan air bersih yang datang ke desa Keniten ini. Kita harus benar-benar memanfaatkan Sumur Bor yang telah dibangun ini untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Untuk kedepannya bagaimana kita bersama-sama menjaga, melestarikan alam dan lingkungan demi kelangsungan hidup anak cucu kita. Dengan lingkungan yang terus terjaga dengan baik Sumur Bor ini akan terus dapat mengeluarkan air, jadi akan dapat terus dipergunakan selamanya,” harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengecek langsung seberapa deras air yang keluar dari kran air. Setelah melihat air yang keluar sangat jernih dan cukup deras senyum optimis kebutuhan air bersih terpenuhi dengan baik. (dim/hum)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement