Proyek Pembangunan Jembatan Desa Paowan Diprotes Warga Sekitar

SITUBONDO - Warga Dusun Ardiwilis, Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur mengeluhkan pelaksanaan proyek pembangunan jembatan baru di kawasan dusun mereka. Pasalnya, pelaksanaan proyek pembangunan jembatan tersebut dianggap akan menimbulkan bencana banjir yang akan melanda rumah-rumah mereka.

Puluhan warga ngluruk ke Kantor Desa Paowan dan menuntut aktifitas proyek pembangunan jembatan baru tersebut yang di biayai DAU yang di kerjakan oleh CV.Batu Mas segera dihentikan. Kedatangan puluhan warga itu ditemui oleh aparat desa beserta para pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Situbondo dan juga para pejabat Muspika kecamatan Panarukan.

Sebelum mendatangi kantor Desa Paowan, mereka sempat berkumpul di lokasi pembangunan jembatan dan menancapkan baliho yang bertuliskan: "Hentikan Pembangunan Jembatan Sebelum Memakan Korban”.

Menurut beberapa warga, ketinggian jembatan baru yang dibangun itu segera dirubah, karena mereka menilai nantinya kalau pada musim penghujan akan menimbulkan banjir besar yang akan masuk ke rumah-rumah warga khususnya di Perumahan Paowan Indah dan warga di sekitar RT 02, RW 02 dusun Ardiwilis. Haris, salah seorang warga menginginkan agar jembatan yang sudah dibangun sekitar 40 persen itu segera dirubah  seperti jembatan semula ketinggiannya atau jembatan sama tingginya dengan yang lama.

“Kami wakil dari warga Desa Paowan yang terdampak adanya pembangunan jembatan itu ingin agar ketinggian jembatan yang sedang dibangun pada saat ini segera diturunkan agar bisa menimbulkan keselamatan dan kenyamanan bagi warga maupun pengguna jalan,” ujar Haris selaku tokoh pemuda Paowan itu, Kamis (1/9). Haris menambahkan, sebelum jembatan itu dibangun, Kades Paowan tidak pernah mengajak berembuk dan bermusyawarah pada warga seputar akan dibangunnya jembatan baru tersebut yang tingginya kini disoal warga.

Sementara itu menurut salah satu pejabat di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Situbondo,saat dikonfirmasi Soerabaia Newsweek pihaknya mengatakan akan musyawarah kepada warga setempat dan pemerintah desa Paowan, terkait proyek pembangunan jembatan ini serta belum ada keputusan yang pasti dari kedua belah pihak. (Hos)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement