Keberangkatan 28 TKI ke Afrika Selatan Berhasil di Gagalkan

BANYUWANGI - 28 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) laki-laki yang berasal dari kabupaten Banyuwangi gagal berangkat ke tujuan Negara Afrika Selatan, dan kota yang dituju adalah Lisabon. Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Banyuwangi melalui kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Joko Sugeng Raharjo SH kepada Koran ini menjelaskan bahwa ke 28 CTKI yang berasal dari kabupaten Banyuwangi akan berangkat ke Afrika Selatan ke kota Lisabon sebagai tenaga kerja di kelapa sawit.

“Kedatangan mereka  mau mengurus kartu kuning,sebagai persyaratan untuk membuat paspor, padahal Indonesia tidak ada MoU dengan Negara Afrika, dan kita tidak bisa melangkah, akhirnya saya upayakan untuk menghubungi Polres Banyuwangi, agar CTKI ini bisa dibina dan diarahkan yang lebih dimengerti. Usut punya usut katanya CTKI ini yang akan membawa ke Negara Afrika orang dari Trenggalek, informasinya tanpa biaya,tetapi dipotong gaji, “ katanya.

CTKI yang kebanyakan berasal dari dari desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa mereka ingin menyusul teman-temannya yang sudah berhasil berangkat ke Afrika dan rata-rata  sudah berhasil semua. “ Mereka sering kirim uang, dan saya bersama rombangan ini rencananya mau menyusul teman-teman yang sudah berhasil,”tambahnya (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement