Gotong Royong Kunci Sukses Renovasi RTLH di Blitar

BLITAR – Komandan Kodim (Dandim) 0808 Blitar Letkol Arh Surya Dani meresmikan hasil renovasi Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Blitar, Selasa (30/8). Peresmian pemakaian Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi Rumah Layak Huni (RLH) dilakukan di rumah Sutikno (44), Warga Dusun Sanggrahan RT 02 RW 03 Desa Ngaglik Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Peresmian dilakukan secara simbolis, Dandim menyerahkan kunci kepada Bupati Blitar Rijanto dilanjut  bupati menyerahkan kunci itu kepada pemilik rumah, Sutikno. 

Dandim 0808 Blitar, Letkol Arh Surya Dani dalam sambutannya mengatakan Program RTLH ini merupakan program kerjasama Kodam V Jatim dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Anggaran program ini sangatlah pas-pasan, per rumah hanya mendapatkan bantuan semen 12 sak, pasir 6 kibik dan 12 buah kasibot. 

Namun, dengan komunikasi yang bagus diantara Babinsa, Babinkamtibmas, dan kuatnya gotong royong masyarakat, program ini berjalan sukses dengan hasil pembangunan rumah menjadi sangat bagus. 

“Ada banyak rumah yang hasil bangunannya sangat bagus, seperti rumah di Panggungrejo dan Selorejo. Ada banyak warga yang memberikan bantuan batu, pasir dan bahan bangunan lainnya tanpa disuruh, ini sangat membantu,” kata Surya Dani. 

Diakui Surya Dani, program ini selesai tepat waktu, menunjukkan gotong royong masyarakat Blitar sangatlah baik. Dan TNI, akan melanjutkan program ini karena TNI selalu tersentuh dengan persoalan di masyarakat. ”Kami akan terus melakukan pendataan, dan program ini akan berlanjut, TNI berkomitmen memberantas kemiskinan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya mengaku terharu dan tak tahu bagaimana menyampaikan. Suksesnya program ini, menurutnya merupakan suatu hal yang sangat luar biasa. Meskipun program ini merupakan bantuan dari Kodam V dan Pemrov Jatim, Pemkab Blitar sangat mensuport. “Program ini sukses, inilah bentuk kebersamaan tiga pilar yang tersosialisasi dengan baik,” ungkap Rijanto. 

Bupati menambahkan, keberhasilan program ini merupakan wujud kerja dari revolusi mental. Rumah Bapak Sutikno yang semula jelek dibangun menjadi sehat dan nyaman untuk ditinggali. ”Kerja ini wujud dari sinergitas, ini yang harus terus kita pupuk bersama untuk memerangi kemiskinan,” ujarnya. 

Sutikno, salah satu masyarakat miskin yang mendapatkan program bantuan RTLH mengatakan rasa terimakasih kepada TNI dan Pemda. Rumah duda empat anak ini sebelumnya sudah akan ambruk. Kini Sutikno bisa beristirahat dengan tenang di rumahnya yang baru. 

“Sekarang nyaman sekali, ada jambannya juga, dulu sebelumnya saya kalau buang air besar di jumbleng kebun sebelah,” tutupnya. Program renovasi RTLH ke 12 di Blitar Raya menyasar 670 rumah dengan 6 rumah berada di Kota Blitar. Semua rumah sudah rampung dikerjakan dalam masa waktu pengerjaan selama tiga bulan. (dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement