Mencari Kuliner Khas Bondowoso Melalui Lomba Cipta Menu

BONDOWOSO – Kreasi masakan 54 peserta lomba cipta menu di Gelora Pelita Bondowoso, diharapkan mampu menghasilkan  menu kuliner khas Bondowoso. Lomba ini,merupakan upaya mendorong masyarakat untuk menciptakan kreasi masakan yang menggunakan bahan dasar lokal tanpa ada campuran bahan kimia dan pestisida.

Kami berharap, selain destinasi wisata, ada makanan khas di Bondowoso yang mampu menjadai ikon kuliner yang patut dibanggakan dan bisa dipublikasikan, kata Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni, usai membuka lomba dan mencicipi beranika ragam masakan.

Menariknya, lanjut Bupati, ada menu masakan yang menggunakan bahan dasar kopi dan daun kopi.Hal tersebut merupakan sebuah kreativitas yang patut diapresiasi, karena masih banyak sumber daya lokal yang bisa diolah menjadi masakan, katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bondowoso, Drs Mohammad Halil MM mengatakan, kreatifitas peserta dalam memamfaatkan sumber daya lokal menjadi salah satu daya tarik dan dapat mewujudkan ketahanan pangan serta mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Lomba Cipta Menu ini bertujuan mendorong kreatifitas masyarakat, utamanya ibu rumah tangga untuk membangun budaya keluarga agar mengkonsumsi makanan dengan bahan pangan sekitar dan tanpa bahan-bahan kimia atau pestisida, jelasnya.

Sementara, salah satu juri yang berhasil dikonfirmasi Soerabaia Newsweek, sedikit menjelaskan jika dalam kegiatan tersebut, peserta ditantang untuk berkreasi menciptakan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), yang tentunya berbasis bahan dasar lokal.Kami menantang peserta untuk menciptakan menu pagi, sore dan malam yang berbahan dasar lokal, ucapnya.

Juri kegiatan lomba yang berasal dari Surabaya ini banyak menemukan menu masakan berbahan masakan lokal. Menurutnya, kreasi masakan yang paling menonjol dalam kegiatan lomba ini adalah kudapan dan minuman yang berbahan dasar tape.

Yang paling menonjol adalah kudapan dan minuman yang memang berbahan dasar lokal asli Bondowoso, tadi ada prol tape dan minuman yang berbahan tape, pungkasnya. Sedangkan yang meraih juara pertama dalam lomba Cipta Menu masakan ini adalah Dinas Perijinan dan di ikuti juara ke dua adalah Dinas Pendidikan sedangkan jura ketiga dirai oleh Kecamatan Tamanan. (Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement