Masyarakat Apresiasi Grand Opening Semipro 2016

PROBOLINGGO - Ajang Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) ke-8,  secara resmi dibuka di alun-alun setempat, Jumat (26/8). Ajang tahunan yang dimulai sejak 2009  itu, dibuka Wali Kota Hj Rukmini SH,MSi dengan disaksikan ribuan warga.

Pembukaan Semipro tadi malam tak hanya dimeriahkan artis-artis ibu kota seperti Siti Badria dan Aziz Gagap saja. Namun penampilan sejumlah seniman dari berbagai daerah ikut menjadi perhatian penonton. Salah satunya adalah penampilan Angel Percussion dari Bandung yang terbukti memukau para penonton.

Berbeda dengan penampilan grup percussion lainnya yang umum dimainkan oleh laki-laki, Angel Percussion dimainkan duet Uzie Anggana dan Risty Khalista. Gebukan drum yang bertenaga langsung menarik perhatian penonton yang menyemut di alun-alun Kota Probolinggo.

Usai Angel Percussion perform, giliran seniman Rampak Tabuh Geni yang menghibur. Sejumlah penari meliuk-liuk memainkan api di panggung utama. Acara kemudian dilanjutkan oleh penampilan tari oleh sejumlah  siswa SMA di Kota Probolinggo.

Mereka membawakan tarian yang tidak biasa. Perpaduan  antara tari tradisional  dengan tari beraransemen hiphop. Sentuhan drama dalam penampilan tari tersebut membuat nuansa lebih dramatis. Tak hanya para pengisi acara yang tampil menghibur. Kelucuan Aziz Gagap yang membawakan acara juga menjadi hiburan tersendiri.

Ketua Panitia Semipro 2016, dr Bambang Agus Suwigyo M.MKes dalam  sambutannya mengungkapkan,  tujuan dari pelaksanaan Semipro ini adalah untuk mengangkat perekonomian, budaya, serta kesenian di Kota Probolinggo.

“Selain itu, juga membuka peluang bagi pelaku usaha kecil  menengah serta mengembangkan  potensi yang ada di Kota Probolinggo,” ujar pria yang  juga menjadi Direktur RSUD dr Moh. Saleh ini. Bambang Agus menambahkan, dalam gelaran Semipro selama 10 hari akan ditampilkan 44 jenis kegiatan. Mulai dari sejumlah perlombaan, festival, seni budaya, dan  hiburan akan ditampilkan.

“Dalam gelaran Semipro 2016 ini juga akan ada pelaksanaan pawai budaya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pawai budaya tahun ini akan dihadiri oleh duta besar negara sahabat,” ujarnya.  Sementara itu, Wali Kota Probolinggo dalam sambutannya mengungkapkan, event Semipro merupakan bentuk kreativitas untuk menggelar event wisata.

Tujuannya, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat serta mengangkat potensi Kota Probolinggo di mata Internasional. “Salah satunya yang berbeda tahun ini adalah kehadiran duta besar dalam pelaksanaan pawai budaya. Selain itu, duta besar akan ikut dalam city tour mengunjungi objek wisata di Kota Probolinggo,” ujar Rukmini.

Walikota Hj Rukmini menambahkan, Semipro 2016 merupakan pesta rakyat. Termasuk dalam menyambut  acara Ulang Tahun Kota  Probolinggo yang ke 657 dan HUT RI ke 71. “Setiap hari, panggung spektakuler ini akan terus ada kegiatan. Mulai dari pukul 13.00 sampai  17.00 serta mulai dari pukul  19.00 hingga pukul 22.00,” ujarnya. 

Dalam Grand Opening Semipro kemarin,  bintang utama penyanyi dangdut Siti Badriah tampil di bagian akhir. Ia membawakan  sejumlah lagu-lagu hits yang sudah akrab di kalangan penggemarnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement