Job Market Fair, Pemkab Lumajang Buka Akses Informasi Kerja Kepada Masyarakat

LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang berharap dengan pelaksanaan Bursa Kerja atau Job Market Fair akan membuka informasi kerja kepada masyarakat, dan memberikan efisiensi waktu serta kemudahan bagi perusahaan untuk mencari karyawan. “Ini even yang sangat dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, khususnya masyarakat Kabupaten Lumajang. 

Tentu, hal ini juga menjadi kesempatan yang baik sekali bagi masyarakat para pencari kerja. Even ini juga bermanfaat bagi pemerintah dan perusahaan,” kata Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes saat membuka Job Market Fair, Selasa (23/8) di Gedung Soedjono Lumajang yang dihadiri beberapa pimpinan SKPD, Pimpinan BUMD dan Swasta. 

‘’Mungkin sebagian dari kita belum begitu paham apa itu Job Market Fair. Job Market Fair atau Career Expo atau sering juga disebut Bursa Kerja adalah sebuah acara atau even yang diselenggarakan khusus ditujukan untuk para pencari kerja,’’ kata Wabup Buntaran. 

Menurut Wabup Buntaran, dalam Job Market Fair biasanya telah terpasang daftar perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga akan memberikan banyak manfaat baik bagi pelamar, perusahaan, maupun bagi pemerintah. 

Bagi para pencari kerja, even ini merupakan tempat untuk menemukan berbagai peluang kerja yang potensial dimana mereka dapat memasukkan lamaran langsung ke bagian rekruitmen dari masing-masing perusahaan.

Kemudian informasi posisi pekerjaan yang dibutuhkan pun lebih akurat dan juga terdapat cukup banyak pilihan jenis posisi pekerjaan. Manfaat bagi perusahaan di antaranya, mereka dapat menemukan banyak kandidat atau calon karyawan diperusahaan mereka. 

Sedangkan bagi pemerintah, kegiatan tersebut tentu akan mengurangi tingkat pengangguran. ‘’Saya berharap agar even Lumajang Job Market Fair 2016 ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat kita yang masih mencari kerja”, harap Wabup Buntaran. 

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimgrasi Kabupaten Lumajang, Drs. Suharwoko, M.Si mengatakan sampai saat ini pengangguran di Lumajang masih cukup tinggi, sehingga perlu kerja sama semua pihak dalam menekan angka pengangguran tersebut. Kepedulian dan kerjasama yang baik antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat akan menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menguntungkan semua pihak. 

Suharwoko meyakini bahwa even ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam melakukan rekruitmen karyawan baru. Melalui kegiatan tersebut, biaya rekrutmen bisa dihemat, sementara pilihan calon karyawan lebih beragam dan langsung dapat diwawancarai di tempat sehingga lebih fesien dan efektif. “Prinsip kegiatan pameran bursa kerja adalah mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan dalam suatu kegiatan rekruitmen calon karyawan,” terangnya. (h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement