Disperta Probolinggo Gelar Produk Unggulan Olahan Hasil Pertanian


PROBOLINGGO - Bertempat di pelataran kantor Dinas Pertanian (Disperta) Pemkot Probolinggo, Senin (1/8/16), digelar Potensi produk unggulan daerah dan olahan hasil pertanian Dalam rangka hari Krida Pertanian ke 44 Tahun 2016.

Acara dengan tema “Kita Tingkatkan Jaminan Ketersediaan Pangan dan Pengendalian Harga” dihadiri oleh Walikota Probolinggo, Hj Rukmini, Sekdakot H Jhoni Haryanto, Forpimda, DPRD, sejumlah kepala SKPD, Camat serta Gabungan kelompok tani (Gapoktan) dari 5 (lima) Kecamatan diwilayah Pemkot Probolinggo. 

Dra Wahyu Ratnawati  MSi, Kepala Bidang (Kabid)  Tanaman Pangan dan Holtikultura Disperta Pemkot Probolinggo, dalam laporannya mengatakan “gelar potensi produk unggulan daerah dan olahan hasil pertanian kota Probolinggo, merupakan upaya menggali potensi produk unggulan daerah yang dimiliki kota Probolinggo khususnya dari sektor pertanian, kemudian memacu para petani untuk dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan daya saing komoditas pertanian utamanya tanaman pangan dan holtikultura melalui perbaikan kualitas produk serta upaya memperpanjang umur penyimpanannya. serta Mendukung ketahanan pangan melalui penggalian potensi pangan komunitas local.”Ujarnya.

Sementara Walikota Hj Rukmini saat memberikan sambutan mengatakan hari Krida Pertanian tahun ini yang sarat dengan kegiatan termasuk diadakannya sarasehan. “perkembangan pertanian ini diharapkan akan menembus hingga ajang lomba pertanian tingkat provinsi. Bagaimana kita bisa menyengamati para petani agar mereka maju dan menghasilkan hasil pertanian secara maksimal.”Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota berkesempatan memberikan sejumlah bantuan peralatan mesin pertanian antara lain Pompa air, Mini Combine Harvest (alat pengupas padi), Corn Sheller (alat pengupil jagung), Hand Tractor dan lainnya, yang bersumber dari dana APBN, Kementerian Pertanian RI dan Dispertan Provinsi Jatim kepada beberapa Kelompok Tani yang ada di kota Probolinggo. 

Adapun mereka yang menerima bantuan antara lain Rowi Irawan Fandi  dari Kelompok Tani (Poktan) Sinar Tani, Hasan Prasojo Poktan Lestari Jaya, Radi dari Poktan Galuh Sakti, Halil dari Poktan Sambang Jaya dan Amir dari Poktan Jaya.

Terkait dengan gelar potensi produk unggulan hasil pertanian tersebut, Kepala Dinas Pertanian Pemkot Probolinggo Ir Sukarning Yuliastuti MSi  saat dikonfirmasi mengatakan, produk olahan yang digelar ini dihasilkan oleh 5 kelompok tani yang bergabung dalam Gapoktan, baik produk olahan dari tanaman pangan ataupun tanaman holti kultura, katanya.

Sukarning mengatakan, dari tahun ke tahun produk olahan hasil pertanian ini, secara signifikan  mengalami peningkatan. “Namun dalam gelar potensi produk unggulan daerah dan olahan hasil pertanian tahun ini, ujarnya.

Disinggung dengan semakin sempitnya lahan pertanian produktif yang beralih fungsi menjadi pemukiman, Kadisperta Sukarning Yuliastuti mengatakan, pihaknya akan semakin intens memantau agar lahan pertanian yang ada dikota ini tidak semakin hilang karena tergerus arus pendirian bangunan. Menurutnya dispertan akan  menetapkan lahan pertanian produktif dan yang ada tidak boleh dimanfaatkan untuk hal lain selain untuk pertanian. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement