Dicari Juru Air Teladan , 12 Petugas Ikuti Berbagai Tes

SIDOARJO – Sebanyak 12 Petugas Juru Air dari dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Sidoarjo, Rabu 10 Agustus 2016 menjalani tes wawancara  dan lapangan, di Desa Kedungsumur, Kecamatan Porong. Hal tersebut  dilakukan untuk memilih petugas  operasional dan pemeliharaan  jaringan  irigrasi  teladan yang nantinya akan mewakili Kabupaten Sidoarjo dalam lomba tingkat Nasional.

Dalam  proses  penilaian  yang  dilakukan  secara terbuka, seorang juru air mendapat beberapa pertanyaan dari  tim penilai atau juri dari dinas PU Provinsi Jawa-Timur.  Pertanyaan  tersebut diantaranya bagaimana berinteraksi dengan masyarakat, bagaimana menangani jika ada bencana serta menghadapi  jika  kelebihan atau kekurangan  air di wilayahnya.

“Dalam lomba petugas operasi  dan  pemeliharaan  irigrasi tingkat provinsi, ini yang akan kita nilai melihat kegiatan  atau sampai dimana juru menjalankan  tugasnya. Sebagai  petugas operasi dan pemeliharan irigrasi di daerahnya. Dan sampai  berapa jauh mereka melakukan tupoksinya, terutama dalam bekerja mengecek bangunan-bangunan  irigrasi  yang ada  di wilayahnya,” ujar Kepala Bidang Pembangunan Dinas PU. Provinsi  Jawa-Timur  Rudi Novianto.

Menurut  tim  juri  Dyah Asri Sawitri,  Pemilihan  petugas operasional dan  pemeliharaan jaringan irigasi teladan  tingkat provinsi  jatim tahun 2016 di Kedungsumur, ini  nantinya  sebanyak 12 peserta  juru   air akan  memperebutkan  kesempatan mewakili Kabupaten  Sidoarjo  dalam  lomba  yang  sama  tingkat Nasional.
“Kita  ini  sedang  mencari  juru  air  teladan  yang  dimiliki Sidoarjo,  yang  nanti  akan  mengikuti  lomba tingka t Nasional. Jika  dilihat  sementara  ini  dari  sesi  Tanya jawab  dan  tes lapangan, para peserta hampir 90 persen dapat menjawab beberapa pertanyaan yang  dilontarkan  oleh  tim juri,” Pungkas Dyah.

Setelah Kabupaten Sidoarjo, tim penilai dari dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jatim akan mengunjungi juru air di Kabupaten Banyuwangi, untuk mencari juru air teladan  lainya. (had)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement