Bondowoso Segera Deklarasikan Menjadi Kampung Tape

BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso akan mengdeklarasikan diri menjadi Kampung Tape setelah resmi mendapat julukan Republik Kopi. Hal tersebut dilakukan agar makanan Khas Bondowoso ini tidak hilang, sebentar lagi akan ada deklarasi kedua pemerintah berencana segera mendeklarasikan Kampung Tape. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekda Bondowoso Drs. H. Hidayat M.Si usai Sidang Paripurna.

Jangan sanpai Tape Bondowoso ini di anak tirikan dengan gencarnya Bondowoso mengenalkan kopi, ujarnya. Selain itu, Sekda berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan melakukan pemetaan agar potensi tape tetap ada.

Lahan tape jangan sampai berkurang dengan adanya tanaman kayu yang sekarang lagi marak, ini yang harus kita pertahankan. Dalam waktu dekat ini hak paten akan kami lakukan agar Tape Bondowoso tambah berkembang, jelasnya.

Bahkan, dalam waktu dekat ini pemerintah akan mendeklarasikan Kampung Tape Bondowoso, yang rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Curahdami. Pemilihan lokasi ini sudah dikaji secara matang dan sangat strategis serta merupakan salah satu kecamatan penghasil tape terbesar di Bondowoso.

Nantinya, orang yang datang ke Bondowoso bisa mengetahui secara jelas bagaimana proses pembuatan tape hingga layak dikonsumsi dan pantas dijadikan oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang datang ke Bondowoso, ucapnya.

Dengan begitu, kata Sekda, produk dan makanan khas Bondowoso ini bisa menyebar keberbagai daerah  di Indonesia sehingga mengantarkan nama Bondowoso semakin tenar sebagai kota penghasil tape.

Saya berharap ada dukungan dari semua pihak yang ada di Bondowoso untuk mensukseskan keinginan mulya ini. Sehingga kesejahteraan ekonomi masyarakat juga meningkat dengan adanya Kampung Tape ini, Pungkasnya. (Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement