BNN Blitar Beri Pelatihan Penggiat Anti Narkoba



Kegiatan Training Of Trainers yang digelar BNN
BLITAR – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar terus melakukan upaya cegah dini penyalahgunaan dan peradaran narkoba di wilayah Blitar. Salah satu upaya yang dilakukan BNN adalah dengan menggandeng masyarakat sebagai penggiat anti narkoba. Mereka, para penggiat pun diberikan bekal pengetahuan dan skill agar bisa bekerja dengan baik.

Bertempat di Wisata Edukasi Kampung Coklat, BNN Kabupaten Blitar menggelar Training Of Trainers (TOT) kepada 40 masyarakat penggiat anti narkoba se Kabupaten Blitar. Kegiatan tersebut dilangsungkan selama dua hari, senin (8/8/) dan Selasa (9/8). Peserta dalam TOT ini adalah 22 perwakilan masing-masing kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti Muhamadiyah dan NU, dan berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Blitar diantaranya komunitas Vespa.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Blitar, Slamet Susanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pemberdayaan masyarakat anti narkoba dilingkungan masyarakat. "Sebelumnya kita sudah menggelar raker serta workshop untuk membentuk penggiat anti narkoba dan rencana aksi beberapa waktu lalu," kata Slamet.

Selain narasumber dari BNN, kegiatan TOT tersebut juga mendatangkan narasumber lain seperti Motivator dan akademisi. Ini dilakukan untuk semakin memperluas wawasan para penggiat anti narkoba. "Tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal semaksimal mungkin tentang bahaya narkoba kepada para penggiat anti narkoba sebagai tindak lanjut dari rencana aksi," jelasnya.

Slamet menambahkan, kedepan diharapkan para penggiat anti narkoba dari unsur masyarakat tersebut bisa membantu pemerintah untuk mensukseskan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). “Jadi tugas intinya adalah bersama-sama menjalankan program P4GN ini," tegas Slamet.

Lebih lanjut Slamet menyampaikan, kedepan direncanakan penggiaat anti narkoba tidak hanya dari unsur masyarakat saja, namun juga akan melibatkan dari unsur pendidikan dan pemerintahan.(dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement