'Anis Sundari, Kades Randu Pitu-Gending' Prioritaskan Pengadaan Sarana Serta Berdayakan Masyarakat



Kades Randu Pitu Kec. Gending beserta Karang Taruna
PROBOLINGGO - Gerak pembangunan yang ditopang kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) yang handal, akan mewujudkan hasil yang maksimal. Hal ini yang mendasari Anis Sundari (35) Kepala Desa Randu Pitu Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo yang berupaya memberikan hal terbaik bagi desa yang dipimpinnya.

Sebagai sosok yang berperan memberi kebijakan pada wilayah yang dipimpin,  dibantu 7 perangkat desa, Sundari secara intens melakukan pemantauan terhadap kondisi desa Randu Pitu yang dihuni 1.419 warga yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh ini. 

“Kami maksimalkan pantauan terhadap kebutuhan masyarakat, utamanya sarana dan prasarana yang berfungsi mendukung perekonomian warga. Begitu juga dengan pelayanan di kantor desa yang mengedepankan layanan cepat, sehingga tidak ada keluhan yang diterima dari masyarakat terkait buruknya pelayanan.”Ujar Kades berputra 2 ini. 

Menentukan titik pembangunan bagi 3 dusun yang berada di Desa Randu Pitu yakni Dusun Krajan, dusun Banjar dan dusun Rondo Kuning sebenarnya tidak terlalu sulit, jika didukung dengan koordinasi yang baik dengan semua elemen masyarakat yang ada, termasuk adanya peran aktif Kasun (Kepala Dusun) dalam memantau wilayahnya.

Untuk penggunaan dana yang berasal dari pemerintah pusat, Anis Sundari berupaya agar terserap secara maksimal. Seperti penggunaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) 2015 yang direalisasikan tahun 2016 dalam bentuk pembangunan berupa pengadaan pavingisasi pada 2 titik di desa tersebut. 

Sedangkan Dana Desa (DD) juga digunakan untuk pengadaan jalan berpaving juga di 2 titik. “Terkait anggaran yang diperuntukkan bagi desa, sedapat mungkin kami berupaya agar semuanya bisa terserap untuk keperluan pembangunan dan pelayana di desa.”Ujar Kades satu periode tersebut.

Hasil pantauan wartawan media ini  terhadap penggunaan dana tersebut, memang direalisasikan untuk pos masing-masing, seperti menghidupkan kembali keberadaan Karang Taruna yang merupakan wadah generasi muda edsa tersebut dalam menyalurkan kemampuannya. 

Dan pada momen memperingati hari kemerdekaan RI ke 71 tahun ini, Pemdes tidak ketinggalan menggelar sejumlah lomba yang selain mengapesiasi kemerdekaan, namun juga terkandung memupuk tali silaturahmi dengan masyarakat dalam satu kegiatan.

Kades Anis Sundari berharap Kehidupan masyarakat yang dipimpinnya senantiasa sejahtera dan kondisi desa akan tetap aman dan kondusif serta didukung maksimalnya pelayanan di kantor Pemerintahan desa. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement