Desa Banjarworo Ngebut Pavingisasi Jalan

TUBAN -  Sumarmo, begitu memenangi Pilkades pada 2013 lalu, langsung bekerja untuk desanya.  Dia  langsung menata desanya. Yang menjadi fokusnya, begitu menerima amanah warga, Sumarmo lakukan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Kenapa TPT ?. “ ya karena TPT menjadi kebutuhan desa ini,” jawab Sumarmo. Lantaran dianggap urgen pembangunan TPT dilaksanakan selama dua tahun , yaitu tahun 2013 dan 2014. “ Sebagaian besar jalan desa sudah ada TPTnya,” katanya.

Setelah TPT pembangunan infrastruktur desa berfokus pada pembangunan pavingisasi.  Perningkatan jalan desa dengan pavingisasi 1.324  x 2,5, meter, pelaksanaan pekerjaan pavingisasi dilaksanakan tahun 2015 kemarin. Untuk tahun 2016, panjang jalan desa yang dilakukan pavingisasi 1.093 meter x 2,5 meter.

Dalam kerangka memperkuat ketahanan jalan paving, agar tidak mudah tergerus oleh air hujan, juga dilakukan pembangunan drainase. Panjang drainasi yang dibangun tahun ini 455 meter. “ Sisanya, akan dibangun tahun berikutnya,”ujar Sumarmo. Menurutnya, pevingisasi yang dilakukan pada jalan desa itu menjadikan lingkungan desa menjadi lebih baik, akses jalan menjadi lancar. Warga juga sangat di untungkan dengan adanya jalan berpaving, aktifitas warga menjadi lancar, dengan aktifitas warga yang lebih baik, harapannya upaya meningkatkan pendapatan ekonomi warga desa menjadi lebih baik.

“ Sebab, fokus dari semua pembangunan infrastruktur desa yang saya lakukan ini bertujuan untuk memudahkan kegiatan sehari –hari warga,” imbuh Sumarmo, seraya menambahkan bahwa fungsi pembangunan drainase, selain untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan air hujan juga untuk memperlancar arus air. “Air hujan tidak sampai meluber ke bahu jalan, tapi langsung mengalir ke hilir lantara drainasi berfungsi secara baik, tanpa sedimen,” pungkasnya. (Cip)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement