Bupati Bondowoso Buka Festival Kopi Nusantara


Bupati Drs. H. Amin Said Husni Saat Membuka Festival
BONDOWOSO – Festival Kopi Nusantara (FKN) secara resmi dibuka oleh Bupati Bondowoso Drs.H. Amin Said Husni, acara tersebut bertempat di lapangan Hasanuddin Kalisat, Jampit Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso. FKN yang masih serangkai dalam kegiatan Ijen Festival 2016 ini, di ikuti oleh peserta dari berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni menyampaikan, jika peserta FKN untuk kategori lomba uji cita rasa kopi, di ikuti oleh kelompok petani kopi arabika dan robusta dari seluruh Indonesia.

Peserta tersebut 11 kelompok tani dari 84 nominasi terbaik kopi arabika dan 10 dari 26 kopi robusta. Bahkan hadir juga dalam FKN kali ini, kelompok tani asal Lampung, Aceh dan dari kelompok tani kopi Bondowoso, kata Presiden Republik Kopi Bondowoso ini.

Drs. H. Amin Said Husni juga menambahkan, FKN tahun ini merupakan perhelatan pertama di Bondowoso. Dirinya juga berjanji akan terus menggelar kegiatan FKN di tahun-tahun yang akan datang.

Kami berencana akan menjadikan FKN sebagai agenda tahunan untuk meningkatkan produksi kopi di Indonesia, khususnya kopi asli Bondowoso. Hal ini kami lakukan untuk menyeimbangkan produksi kopi di Bondowoso dengan permintaan pasar, ucapnya.

Menurutnya, melihat permintaan kopi dari tahun ke tahun yang semakin meningkat, dan tidak sebanding dengan produksi kopi, maka Bondowoso sebagai Repoblik Kopi juga merasa berkewajiban ikut mengembangkan produksi kopi.

Mengingat kopi yang dihasilkan dari lereng Ijen Raung mendapat gelar Java Coffee, Kabupaten Bondowoso yang telah juga meneguhkan diri sebagai Republik Kopi merasa berkewajiban memberikan kontribusi terhadap perkembangan perkopian Indonesia, jelasnya.

Kepada media Soerabaia Newsweek, Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni Juga mengatakan, dengan perhelatan FKN ini, pihaknya akan mencari bibit-bibit kopi terbaik dari seluruh Indonesia.

Bibit yang best of the best ini nantinya akan mampu mengangkat perkopian Indonesia di mata dunia, imbuh Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni yang dianugrahi pin kekerabatan dari kesultanan Demak dengan gelar Kanjeng Mas Aryo Rekso Negoro.

Untuk kontes uji cita rasa kopi dalam perhelatan perdana dalam Festivak Kopi Nusantara ini, petani kopi dari Bondowoso, berhasil menyisihkan 10 kopi terbaik dari seluruh Indonesia.

Ini sebuah kebanggaan bagi seluruh petani kopi Bondowoso. Kami bersyukur dan selanjutnya ini merupakan sebuah motivasi bagi semua untuk terus mempertahankan cita rasa dan kualitas kopi asli Bondowoso, pungkasnya. (Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement