Kontrol Harga Daging Sapi, Wali Kota Probolinggo Sidak ke Pasar Tradisional



Walikota Hj Rukmini saat berada disalah satu pasar tradisional kota Probolinggo
PROBOLINGGO - Guna mengantisipasi melonjaknya Harga komoditas daging sapi di kota Probolinggo yang cenderung kian mengkhawatirkan jelang lebaran, Maka Pemkot melakukan inspeksi mendadak daging sapi di sejumlah pasar tradisional yang berada di kota tersebut, Senin (27/06/2016) pagi. Kegiatan  ini dipimpin langsung Wali Kota Hj Rukmini.

Sidak digelar untuk menjaga kualitas serta menekan harga daging yang makin tak terkendali. Peringatan keras dilayangkan petugas bagi pedagang nakal yang sengaja menjual daging tidak layak konsumsi.Dengan alat uji kebusukan dan kadar keasaman, satu persatu daging dagangan pedagang diperiksa. Petugas juga memeriksa daging yang sengaja disimpan dalam lemari pendingin.

Hasilnya, petugas menemukan beberapa kilo gram daging beku dengan kadar keasaman kurang dari enam koma lima derajat. Selain berwarna pucat, daging sudah mulai mengeluarkan aroma tidak sedap.Sementara harga jual daging sapi 9 hari menjelang lebaran cenderung stabil dengan kisaran harga Rp. 100.000 hingga Rp. 110.000 kilogram. Hanya saja pedagang mulai kesulitan mendapatkan penghasilan karena tingginya harga kulak di tingkat jagal.

Sidak yang dilakukan di pasar Baru dan pasar Wonoasih ini bertujuan untuk mengontrol harga dan kualitas daging. Terkait tingginya harga dari jagal ini yang jelas berdampak pada pendapatan pedagang. Hal ini seperti yang diungkapkan Kamari, salah satu penjual daging sapi di pasar baru kota Probolinggo. “Harga dari jagal juga sudah tinggi. Sehingga kami juga menjual diatasnya agar mendapat penghasilan, meski sangat tipis,” ujarnya.

 “Kami memberi sosialiasi dan peringatan kepada pedagang agar tidak menjual daging tidak layak konsumsi. Kalau ada yang nakal pasti akan kami sanksi,” kata Walikota Probolinggo Rukmini Buchori. Untuk mengantisipasi kurangnya stok daging saat lebaran Pemerintah Kota Probolinggo telah menjajaki opsi membeli daging dari daerah lain

Ditempat yang sama, Ir Sukarning Yuliastuti M.Si, Kepala Dispertan saat dikonfirmasi terkait sidak tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini semata ingin agar warga kota tidak terlalu diresahkan dengan makin tingginya harga daging sapi. “Mengantisipasi agar perayaan Idul Fitri ini berjalan lancar dan masyarakat kota bisa berbelanja kebutuhan termasuk daging sapi dengan Harga wajar.”tegas Sukarning. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement