Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Lumajang yang Baru

AKBP Raydian Kokrosono Jabat Kapolres Lumajang
LUMAJANG - Seremonial tradisi Pedang Pora untuk menyambut Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono, SIK, digelar di halaman Mapolres Lumajang, Jumat (13/5) pagi. AKBP Raydian Kokrosono resmi memegang tongkat komando di Kabupaten Lumajang.

Acara seremonial penyambutan AKBP Raydian Kokrosono, dilakukan di depan pintu masuk gerbang utama Mapolres. Yang menyambut Kapolres baru ini adalah Wakapolres Lumajang, Kompol Bambang Setiawan.

Pertama Kapolres dikalungi bunga lalu dilanjutkan dengan tarian Jawa dan upacara Pedang Pora oleh para perwira. Selanjutnya digelar acara tatap muka serta jabat tangan dengan Kapolsek di lingkungan Polres Lumajang.

“Saya diberikan amanah untuk menjadi Kapolres di Lumajang, diberi amanah menjaga keamanan di Kabupaten Lumajang. Kedatangan kami di sini bisa diterima oleh Keluarga Besar Polres Lumajang dan keluarganya,” ujar AKBP Raydian Kokrosono, SIK.

Sebagai Kapolres baru, Raydian perlu beradaptasi dan mempelajari setiap permasalahan yang ada. ”Tugas Polri perlu ditingkatkan, tukas pokok perlu dimaksimalkan. Kita akan menjalankan tugas dengan maksimal, tidak ada program khusus,” tandasnya.

Sekedar diketahui, AKBP Raydian Kokrosono sebelumnya menjabat Kabag Ops Polrestabes Surabaya, dan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya.

Upacara seremonial selesai kemudian dilanjutkan ramah-tamah dengan jajaran Forkopimda di Pendopo Kabupaten Lumajang, pukul 18.30 WIB. Dalam kesempatan itu Kapolres berterima kasih kepada Pemkab dan warga Lumajang yang dengan ramah menerima dirinya untuk mengabdi sebagai kapolres.

"Saya sangat berterima kasih, warga Lumajang sangat ramah dan jajaran pimpinan daerahnya juga sangat kompak, itu modal menjaga Lumajang tetap aman," terang Kapolres.

Setelah menjadi Plt hampir 3 minggu, AKBP Raydian Kokrosono SIK akhirnya resmi menjadi Kapolres Lumajang. Bersama 32 Kapolres se-Jawa Timur, Raydian diberi amanah menjaga bed Polda Jatim yakni gunung Semeru yang sedang mengeluarkan asap. "Setelah magang hampir 3 minggu, akhinya saya diberi amanah menjaga bed polda jatim Semeru yang sedang ngebul," jelasnya.

As'at Malik M.Ag Bupati Lumajang saat sambutan tak lupa mengucapkan pantun selamat datang dan juga pantun harapan kepada Kapolres. Bupati yakin, dengan kearifkan Kapolres yang baru semua masalah di Lumajang bisa diselesaikan meski semua tidak harus ditempuh melalui jalur hukum. 

"Masak kare campur kentang, untuk pak Rey selamat datang. Rembulan bersinar berhias bintang, bersinar terang di malam hari, jika yang benar telah datang, yang salah pasti hilang," ucap Bupati dengan khas pantunnya.(h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement