Kab Bondowoso Adakan Sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi anggaran 2016


BONDOWOSO – Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Lantai Mas Desa Tapen Kecamatan tapen Kabupaten Bondowoso mengadakan sosialisasi dalam rangka Rehabilitasi Jaringan Irigasi (RJI) tahun anggaran 2016. Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso H. Hindarto, SP, Msi, beserta Staf Pertanian, Kodim 0822 Bondowoso Letkol Arh Sudraja, SH, Danramil, BPP (Badan Penyuluh Pertanian) Gunung Anyar, PPL, Gapoktan dan petani.

Mengawali acara sosialisasi tersebut Letkol Arh Sudrajat SH, menyampaikan, acara seperti ini merupakan kebanggaan bagi saya, karena sebagaimana Kadis Pertanian menyampaikan, buat petani tersenyum. Semoga kedepan petani tersenyum, sebagai upaya Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, telah memberikan bantuan swakelola berupa rehabilitasi jaringan irigasi di kepada HIPPA Lantai Mas Desa Tapen. 

Dua hal, sebenarnya yang di inginkan oleh para petani yang pertama adalah pupuk, alhamdulillah sampai sekarang tidak ada yang kekurangan pupuk dan yang kedua berupa bantuan. Upaya-upaya telah dilakukan oleh Dinas Pertanian baik itu anggaran dari pusat, provensi dll. Sebagai mana upaya Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso salah satunya Jawa Timur yang telah Mendapat penghargaan dari Presiden RI. Semoga upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian mendapat barokah, dan kedepanya apa yang diharapkan petani tersenyum karena Bondowoso 80% merupaka petani, ucapnya.  

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso H. Hindarto SP, MSi  menyampaikan terima kasih kepada semua para petani yang telah ikut hadir dalam rangka sosialisali. Tahun ini Dinas Pertanian telah menyalurkan bantuan kepada beberapa HIPPA berupa perbaikan saluran irigasi guna untuk memperlancar usaha tani, karena persoalan air yang menjadi proritas utama.

Bagaimana infrastruktur di bidang pertanian agar supaya Bondowoso tidak kekurangan air, Kami dari Dinas Pertanian  telah bekerja sama dengan Dinas Pengairan supaya mencukupi dan memperbaiki saluran  irigasi agar supaca air tersebut mencukupi persawahan para petani,  dan Dinas Pertanian mengimbangi petani untuk dicarikan bibit yang kiranya tidak terlalu banyak membutuhkan air, bahkan  petani akan di disarankan untuk menanam padi dengan sintem SRI yang hanya membutuhkan air sedikit. Sistem SRI tersebut adalah salah satu usaha dari pemerintah agar supaya para petani tidak terlalu membutuhkan air. alhamdulillah dengan upaya dan atas kerja sama kita semua Kabupaten Bondowoso tahun 2015 kemaren telah mendapatkan Surflus beras. 

Selain upaya-upaya tersebut, pemerintah memberikan pelindungan kepada para petani untuk meng asuransikan tanaman padi agar supaya nantinya kalau gagal panen berupa terkenak hama, banjir dan kekeringan nantinya akan di ganti oleh PT. Jasindo sebesar Rp.6000.000,- per hektar. Sedangkan pembayaran asuransi tersebut tiap bulan sebesar Rp.180.000,- sedangkan petani hanya membayar Rp36.000, sisanya RP.144.000, yang akan membayar dinas sendiri, pungkasnya.

Ahmadi selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) Desa Tapen mengucapkan terima kasih karena atas kerja sama semua pihak HIPPA Lantai Mas ini mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso berupa rehabilitasi jaringan irigasi yang insak Allah SWT dalam minggu ini akan di kerjakan secara swakelolah, dan kami berharap nantinya setelah selesai pelaksanaan saluran tersebut untuk dirawat dan dijaga. (Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement