Direksi PLN, dan Telkom Terlibat UN SMP

Peserta UNBK di SMPN 1  Lumajang sedang mengerjakan soal
LUMAJANG - Untuk mensukseskan Ujian Nasional (UN) banyak upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Lumajang. Salah satunya di SMPN 1 Lumajang, UN kali ini melibatkan langsung orangtua serta direksi dari PLN dan Telkom.

Kepala Bagian Sekolah Menengah Pertama Agus Salim mengatakan, pelibatan orangtua di SMPN  1 Lumajang untuk memberikan motivasi pada peserta UN. Karena keberadaan orang tua di lokasi ujian bisa berdampak basgus pada psikologis dan mental peserta.

“Orangtua banyak yang menunggu di luar. Ada yang menjadi penerima tamu. Namun kondusif,” ujar Agus Salim saat dihubungi SBNewsweek, Senin (9/5).

Agus menjelaskan, keberadaan orangtua mampu memberikan  motivasi terseniri bagi anak yang sedang mengikuti UN. Pelibatan orangtua juga membuat suasana UN juga dirasa nyaman dan tenang.
Kerjasama ini, kata Agus terbilang sukses untuk melancarkan UN. Sehingga perlu terus dilakukan tiap tahunnya dan ditiru oleh sekolah lainnya. “Suasana bisa nyaman dan tenang, anak-anak mendapat motivai tersendiri,” ucapnya.

Sementara kedatangan direksi PLN dan Telkom  juga bernilai sendiri bagi keberlangsungan UN di SMPN 1 Lumajang yang merupakan satu-satunya sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Keberadaan keduanya untuk memastikan UNBK berlangsung lancar tanpa kendala.

“Ini bentuk kerjasama pemerintah denagn PLN dan Telkom. Mereka memastikan jika UNBK bisa benar-benar berjalan lancar,” ujarnya.

Dijelaskan, kedatanagn keduanya sebagai bentuk antisipasi ketika ada kendala saat UNBK berlangsung. Sehingga penanganan bisa segera dilakuakukan dan cepat terselesaiakan. “Kalau mereka berada di lokasi kan jika ada apa-apa bisa langsung tau dan cepat terselesaiakan,” terang Agus. 

Secara keseluruhan, Agus menerangkan  UNBK di Lumajang berjalan kondusif dan aman terkendali. Bupati serta jajaran pemerintah juga melakukan pemantauan di sejumlah sekolah untuk memastikan UN tahun ini berjalamn lancar.

“Bahkan belum ada laporan terkait adanya peserta UN yang absen. Bupati juga mengapresiasi persiapan yang dilakukan penyelenggara UN,” pungkas Agus.(h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement