Dana Silpa Untuk Bangun Infrastruktur Desa

PROBOLINGGO - Komitmen untuk merealisasikan sejumlah pembangunan yang berada di desa yang dipimpinya merupakan point yang menjadi prioritas bagi Masuni, Kades Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Bagi Kepala Desa (Kades) yang baru pertama kali menjabat, Masuni berupaya menciptakan kondisi desa utamanya sector pembangunan sarana dan prasarana bisa terwujud meski untuk hal itu dilakukan secara berkala.

Terbukti saat dana Sisa lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) turun untuk desa ini, secara terprogram Kades Jorongan memanfaatkan anggaran sisia terbut untuk membangun sejumlah infrastruktur yang ada di desanya. Sebut saja pembangunan dari dana tersebut untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) plus urugan. Kemudian pengadaan jalan paving pada 4 titik yakni di Dusun Jawaan sebanyak 1 titik, Dusun Campuran 2 Titik serta Dusun Krajan 1 titik.

“Penggunaan anggaran itu wajib hukumnya dilaksanakan dengan baik. Secara prosedural  sebenarnya apa yang terlaksana saat ini sebelum telah terprogram melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang des).”Ujar Masuni yang ditemui Surabaia News Week saat mengikuti kegiatan Jalan Sehat yang diadakan Pemerintah Kecamatan Leces, Sabtu (28/5) kemarin.

Selain mengacu pada skala prioritas terkait pembangunan di desa tersebut,Kades Jorongan  juga intens memperhatikan sejumlah kegiatan perekonomian yang banyak digeluti masyarakat desa yang dipimpinnya. Sebut saja usaha kecil menengah Meubel yang kian tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga Jorongan oleh Kabupaten Probolinggo dijadikan sentra pengrajin Meubel. Untuk itu pemdes berupaya menggandeng dinas terkait untuk selalu memberi pembinaan dan pengawasan terhadap usaha yang digeluti warga tersebut. 

Selain itu sector pertanian yang juga menjadi ikon yang tak kalah tingginya. Dengan pertanian yang mengikuti musim, menjadikan lahan pertanian di desa ini cenderung bisa bersaing dengan desa lainnya terutama pada hasil pertanian bawang merah. “tak banyak janji yang saya berikan. Kami Cuma berupaya agar semua warga bias sejaktera dengan kata lain apa yang mereka butuhkan, Pemerintah desa bias memfasilitasinya.”tegas Masuni yang menilai segi keamana di desanya cenderung strabil dan kondusif. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement