Walikota Blitar Beri Bantuan Korban Puting Beliung


BLITAR - Pasca ratusan rumah warga Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar, diporak porandakan angin puting beliung, Pemkot Blitar bergerak cepat memberikan bantuan kepada warga korban bencana tersebut.

Walikota Blitar, Mohamad Samanhudi Anwar,  secara simbolis memberikan bantuan berupa sembako dan uang kepada warga terdampak bencana angin puting beliung.“Usai terjadinya bencana kemarin, kami langsung menggelar rapat dan langsung mencairkan dana yang digunakan sebagai pemberian bantuan kepada para korban. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan uang. Hari ini kami mengeluarkan dana Rp. 700 juta,” kata Samanhudi.

Menurut Samanhudi, bantuan berupa uang nominalnya tidak sama, tergantung kondisi dan besar kecilnya kerusakan yang dialami warga. “Kita kategorikan rumah rusak sangat berat, rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Untuk yang sangat berat ini dapat tujuh juta dan yang ringan satu juta,” jelasnya.

Tak hanya sembako dan uang, lanjut Samanhudi, namun berikutnya para korban juga akan mendapatkan bantuan berupa kayu dan genting dari Pemkot Blitar. Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (30/3) hujan deras disertai angin puting beliung mengguyur Kota Blitar dan sekitarnya. Kejadian tersebut mengakibatkan ratusan rumah porak-poranda tertimpa pohon dan atap beterbangan terbawa angin putting beliung.

Dari data yang dihimpun, ada 285 rumah yang rusak dengan rincian 12 rumah rusak sangat berat, 13 rumah rusak berat, 37 rumah rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Sedangkan daerah RW 05 Kelurahan Kauman Kota Blitar merupakan daerah terparah. Di daerah RW 5 sendiri ada 155 rumah, 1 mushola, dan 1 balai RW yang mengalami kerusakan. (dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement