Ratusan Warga Hadiri Momentum Pelayanan Keluarga Berencana


PROBOLINGGO - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Probolinggo menggelar Momentum Pelayanan Keluarga Berencana (KB), Selasa (19/4/2016). Kegiatan diselenggarakan di pendopo kantor Kecamatan Dringu tersebut secara global bertujuan untuk mengurangi angka kelahiran serta menaikkan taraf hidup masyarakat serta meningkatkan pelayanan KB dan KR yang berkualitas.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Probolinggo  Hj. P. Tantriana Sari, SE di dampingi oleh Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti, sejumlah Kepala SKPD, Forkopimka Dringu, TP PKK Kecamatan beserta pengurus, Kepala Desa se-Kecamatan Dringu, Koordinator Petugas KB dan PLKB se-Kabupaten Probolinggo, kader PPKBD dan Sub PPKBD se-Kecamatan Dringu, Kelompok BKB dan UPPKS PIK Remaja, tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Dringu.

Capaian program KB pada bulan Januari hingga Maret 2016, untuk Implan 1.346 orang dibanding capaian tahun 2015 mencapai 52%, MOW 206 orang dibanding capaian tahun 2015 mencapai 43%, MOP 20 orang dibanding tahun 2015 mencapai 105,7% dan IUD 245 orang dibanding capaian 2015 mencapai 30,5%.

Bupati Tantri menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPPKB dan 125 akseptor KB yang telah melaksanakan pelayanan akseptor KB pada masyarakat yang merupakan salah satu bentuk upaya program pemerintah untuk mengatur jarak kelahiran dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Saya mengingatkan kembali agar program KB lebih ditingkatkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat agar supaya dapat meningkatkan perekonomian dan menjadikan keluarga yang sejahtera serta meningkatkan IPM di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti mengungkapkan bahwa Momentum Pelayanan Keluarga Berencana (KB) ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan KB pada masyarakat dan melaksanakan program pemerintah dalam meningkatkan capaian peserta KB, sehingga dapat membentuk keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan cara pengaturan kelahiran anak pada keluarga.

Pada kegiatan yang sama, Bupati Tantri didampingi dr. Endang Astuti dan para undangan menyapa para peserta yang telah melaksanakan alat kontrasepsi di Puskesmas Dringu. Dalam kesempatan itu pula, Bupati Tantri menyerahkan hadiah dan piagam lomba Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) terbaik dan penyerahan tali asih kepada Akseptor KB.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan ini patut mendapatkan apresiasi, mengingat program peningkatan KB yang digaungkan Pemkab Probolinggo merupakan satu langkah terobosan yang pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat Kabupaten ini.  (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement