Dispenduk Capil Probolinggo Percepat Layanan Gratis KK dan KTP

Kepala Dispenduk Capil, DrsTeguh Bagus Sujawanto M.Pd saat menyampaikan laporan di SPKP ke 2 th 2016
PROBOLINGGO - Sejumlah program yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat kota dalam pengurusan dokumen keluarga secara intens dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Probolinggo. Hal ini termasuk pelayanan jemput bola melalui stan khusus yang didirikan pada acara Semarak Pagi Kecamatan (SPK) Minggu (10/4) kemarin di sepanjang jalan Panglima Sudirman  Kota Probolinggo.

“Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan layanan dan kesadaran masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Layanan kita bahkan mulai pukul 06.00 sampai selesai,“ ujar Kadispenduk Capil, Drs Teguh Bagus Sujawanto M.Pd. Lebih jauh  Teguh mengatakan  dengan kemudahan yang diberikan instansinya menyangkut keperluan warga akan dokumen kependudukan, diharapkan masyarakat akan antusias menjemput bola terhadap kebijakan ini “Kami berharap masyarakat akan respek dan memanfaatkan apa yang menjadi program guna lebih mempercepat pengurusan dokumen yang diperlukan seperti KK dan Akta kelahiran.”tambahnya.

Hal senada juga disampaikan sekertaris Dispenduk capil Valen Siswati, SP. Menurutnya kegiatan SPK ini sangat efektif dijadikan sebagai sarana jemput bola oleh tiap SKPD. Dispenduk capil sendiri ada berbagai layanan yang dilakukan di tempat tersebut yaitu layanan informasi seputar kependudukan, layanan pembuatan KK dan KTP serta layanan pembuatan Akta Kelahiran.

Valen Siswati, mengatakan proses pengurusan akta kelahiran yang dilakukan saat ini sangat cepat tidak sampai lima hari asalkan persyaratannya lengkap dan tidak dipungut biaya alias gratis. Pemohon tidak ditarik biaya sama sekali asalkan pengurusannya tepat tidak sampai terlambat.  Dispenduk capil dalam satu hari mampu melayani 250 pemohon KK dan KTP, sementara untuk pemohon akta kelahiran sendiri diperkirakan sebanyak 30-an pemohon setiap harinya.

Selain di isi denganprogram pelayanan yang sanggup mendaptkan animo dari masyarakat kota, dalam kegiatan SPK ke 2 tahun 2016 ini, Dispenduk Cpil juga memeriahkannya dengan hiburan Elektone dan aneka kuis. Terhadap acara tambahan ini, Teguh Bagus Sujawanto menjelaskan jika hiburan ini hanya sebagai pelengkap dan media yang diharapkan dapat memberi hiburan terutama pada warga yang saat itu menggunakan jasa Dispenduk Capil dalam pembuatan KTP. “Mudah-mudahan hiburan ini bisa memberikan nuansa lain bagi masyarakat yang berkepentingan di instansi ini.”Ujar Teguh.

Seperti pada even sebelumnya, Walikota Hj Rukmini juga berkesempatan berkunjung di setiap stan milik peserta SPK. Tak terkecuali stan Dispenduk Capil, yang secara langsung Walikota menyaksikan proses pembuatan KTP dilokasi tersebut.  (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement