Dinsos Promosikan Hasil Produk KUBE Melalui Ajang SPK

Walikota Hj Rukmini ketika berada di stan Dinsos di even SPKP ke 2 tahun 2016, M.Maskur, Kadinsos kota Probolinggo
PROBOLINGGO - Sebagai instansi yang kerap melakukan interaksi dengan masyarakat, Dinas Sosisal (Dinsos) kota Probolinggo masihmenunjukkan komitmennya untuk terus bersinergi dengan pelaku usaha yang tertampung dalam komunitas UKM, makin menunjukkan geliatnya. 

Dinsos berupaya memfasilitasi UKM binaannya untuk mempromosikan produk unggulan masing-masing. Seperti yang nanpak pada kegiatan Semarak Pagi Kecamatan (SPK) periode ke 2 tahun 2016 yang digelar di sepanjang Jalan Panglima Sudirman kecamatan Kanigaran, Minggu (10/4).

Selain itu, Dinas ini semaksimal mungkin berupaya memberi kontribusi bagi masyarakat terutama warga yang mengandalkan perekonomiannya dari sektor usaha kecil menengah. Even SPK kali ini, Dinsos sengaja menggandeng 3 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di wilayah kota Probolinggo. KUBE yang dimaksud yakni Al Hidayah dan Prima Lestari, keduanya dari Kelurahan Jati Kecamatan Mayangan serta KUBE Kenanga dari Kelurahan Sumber Wetan Kecamatan Kedopok.

“Kita berupaya mempromosikan hasil usaha warga yang menggeluti UKM, terutama mereka yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama yang selama ini dibawah pembinaan kami. “Ujar Moch Maskur, selaku Kepala Dinas Sosial kota Probolinggo.

Perlu diketahui, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah kelompok warga atau keluarga binaan sosial yang dibentuk oleh warga atau keluarga binaan sosial yang telah dibina melalui proses kegiatan PROKESOS untuk melaksanakan kegiatan kesejahteraan sosial dan usaha ekonomi dalam semangat kebersamaan sebagai sarana untuk meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya. Selain itu KUBE merupakan metode pendekatan yang terintegrasi dan keseluruhan proses PROKESOS dalam rangka MPMK.

Dilihat dari perkembangan terhadap pelaku usaha mikro yang dibina oleh Dinas Sosial kota Probolinggo, makin menunjukkan peningkatan dan animo yang cukup tinggi. Berbagai produk hasil olahan yang ditampilkan di even SPK kali ini, menandakan jika pembinaan terhadap UKM  terutama Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang ada di kota Probolinggo oleh Dinsos menandakan adanya perkembangan yang signifikan.

Sementara disela kunjungan Walikota Hj Rukmini pada setiap stan yang dikeluarkan SKPD, salah satunya menyempatkan diri berkunjung ke stan Dinsos. Dari respon yang ditunjukkan Walikota beserta rombongan pejabat Pemkot, tersirat kebanggaan atas hasil yang disuguhkan oleh para pelaku UKM binaan Dinas Sosial tersebut. 

“Program yang telah dilakukan oleh Dinsos terutama terhadap warga yang secara finansial perlu dibantu guna meningkatkan taraf perekonomiannya, hendaknya terus dilakukan. Dan hal ini supaya menjadi acuan bagi warga untuk terus mendapatkan penghasilan dari usaha yang dikelola dibawah binaan Dinsos.”Ujar Walikota Hj Rukmini. (Suh) 
Lebih baru Lebih lama
Advertisement