Polisi Dirikan Tenda Sabhara Untuk Layanan Publik


KUALA KAPUAS - Polres Kapuas, melalui Unit Sabhara kini memberikan pelayanan di ruang publik, dengan mendirikan tenda sabhara. Pendirian tenda ini dilaksanakan Rabu (2/3) pagi. Tenda yang dibangun pihak polres cukup sederhana, yakni berukuran sekitar 4 X 5 meter. Setiap hari petugas berjaga secara bergantian.

Lokasi berdirinya tenda tepat di ruang publik kawasan Jalan Patih Rumbih, tepatnya di seberang rumah Wakil Bupati Kapuas dan rumah Dinas Ketua DPRD Kapuas, Kota Kuala Kapuas. Tempat ini merupakan lokasi ruang publik yang cukup ramai, seperti Stadion Panunjung Tarung dan GOR Kapuas. Setiap sore masyarakat berolahraga dan khusus Minggu pagi dipenuhi oleh pedagang musiman. 

Di depan puluhan petugas sabhara, Kapolres Kapuas AKBP Hendra Rochmawan mengatakan, dengan berdirinya Pos Sabhara, maka diharapkan petugas dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Laporan masyarakat misalnya ada kejadian, maka petugas akan cepat mendatanggi ke lokasi kejadian.

Di sisi lain lanjut Kapolres, adanya Pos Pelayanan Publik di area Jalan Patih Rumbih, menunjukan bahwa Polri sebagai motor penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik dan menjadikan polisi bukan lagi terlihat sangar dan disiplin, tetapi menjadi simpatik terhadap masyarakat."Harus membuang momok polisi yang sangar dan membatasi ruang kebebasan masyarakat, sekarang buktikan bahwa kita adalah polisi simpatik, senyum terus sapa salam dan ramah," tutur AKBP Hendra.

Ia menyampaikan, Satuan Sabhara merupakan tulang punggung kepolisian tanpa Sabhara tidak ada artinya dan harus bangga dengan sekarang ditunjang dengan segala fasilitas yang memadai dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan keamanan bagi masyarakat terutama dengan adanya pos pelayanan publik, ketika masyarakat meminta pertolongan jadilah Polisi Humanis.

"Jadi Satuan Sabhara itu adalah kebanggaan karena menjadi tulang punggung Polri dan jangan berpikir bahwa Sabhara itu sabar dan sengsara, tetapi jadikan motivasi untuk lebih meningkatkan mental dan disiplin menjadi anggota kepolisian yang berintegritas dan menjadi polisi simpatik serta membawa kebanggaan bagi citra kepolisian terutama Polres Kapuas,"ungkapnya.

Kemudian lanjutnya, keberadaan warung pelayanan publik ini jangan lagi ada kesan di masyarakat akan adanya kecemasan dan rasa takut,tetapi jadi pengayom masyarakat dan memberikan rasa aman dengan keberadaan polisi. Usai acara dilakukan pemberian bunga kepada pengendara yang melintas di Jalan Patih Rumbih. Semua kendaraan yang melintas di jalan itu diberi bunga oleh petugas sabhara. Kapolres berkesempatan memberikan bunga kepada tiga orang pengguna jalan. (Nata)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement