Kabupaten Sampang Peringati Hari Kusta Sedunia Ke 63


SAMPANG - Memperingati hari kusta sedunia, yang diselenggarakan di gedung olah raga (GOR)  kabupaten sampang, hadir sejumlah Kepala Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Rabu (16/03/2016). 

Dalam acara itu, dihadiri oleh Direktorat Jendral Dr. H.Moh Subuh, Yohei Sasakawa The Nippon Foundation Tokyo-Japan serta seluruh rombongan P2P. Selain itu, acara hari kusta nasional itu, merupakan peringatan yang 63. 

Acara yang dibuka dengan menyanyikan lagu indonesia raya hingga terian-tarian tradisional binaan Dinas Kepemudaan dan Olah Raga, di sambut oleh wakil bupati sampang Fadilah Budiono.

Menurut Wakil Bupati Sampang Fadhillah Budiono, Acara ini sebagai peringatan hari kusta sedunia,dan Kabupaten Sampang sangatlah strategis untuk memberikan motivasi dan làngkah strategis.Artinya kedepannya mari kita bersama sama tangani masalah kusta ini,walaupun tidak kelihatan di kita ini.Fadhillah berharap kepada semua Camat untuk memberikan informasi jika ada orang yang menyandang penyakit kusta segera laporkan agar cepat ditangani.

"Penyakit kusta di Kabupaten Sampang masih relatif tinggi,namun tahun demi tahun dengan adanya kegiatan di Dinas Kesehatan sudah mengalami penurunan yang berarti.Pada tahun 2015 penyakit kusta di Sampang 5,4 % dari setiap 10.000 penduduk Sampang,dan setiap tahun Pemkab bisa menangani 10 orang.Sedangkan target tahun 2016 diharapkan kasus kusta menurun hanya satu saja dari 10.000 penduduk Sampang,ujar Fadhillah.

Dikatakan juga oleh  Derektorat Jendral Dr .H.Moh Subuh,dan Kabupaten Sampang punya keinginan bahwa penyakit kusta ini lenyap dari Kota Bahari ini.Kabupaten Sampang adalah satu satunya Kabupaten di Indonesia dan di dunia yang melaksanakan penanganan  penyakit kusta.Dan keberhasilan ini menjadikan contoh bagi Provinsi Jawa Timur untuk provinsi yang lain di Indonesia.

"Makanya Kabupaten Sampang sering didatangi tamu dari luar Madura hanya untuk belajar cara menangani penyakit kusta, termasuk dari Japan yang hadir disini.Dan juga dari berbagai Negara yang ingin melihat program penyakit kusta di Kabupaten Sampang.Dan saya berharap melalui Kabupaten Sampang,provinsi jawa timur sebagai motor untuk menuntaskan kusta hingga tahun 2019,tungkasnya. (din)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement