Bupati Probolinggo Serap Aspirasi Warga Kalisalam

Syukur Susilo, Kades Kalisalam Sebelah Kiri 
PROBOLINGGO - Bertempat di pendopo desa Kalisalam Kecamatan Dringu, Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE melakukan audiensi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati, Drs H Timbul Prihandjoko, Asisten, Kabag Pemerintahan beserta sejumlah Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Muspika Dringu, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, beberapa Kepala sekolah serta undangan lainnya.

Bupati Tantriana Sari dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wabup Timbul Prihandjoko (Bupati tidak  dapat hadir karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan),  menyampaikan, selain untuk bersilaturahim dengan masyarakat, kegiatan digelar dengan tujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang kekurangan dalam perkembangan serta kemajuan yang ada di desa se Kabupaten Probolinggo. “Tujuan saya hadir di sini adalah untuk mengetahui secara langsung kondisi pembangunan dan keberadaan masyarakat yang mayoritas mengembangkan hasil pertaniannya,” ujar Timbul Prihandjoko.

Dalam dialog ini, masyarakat Desa Kalisalam banyak menyampaikan aspirasinya mulai dari  infrastruktur, fasilitas sarana pembelajaran spiritual atau agama, pengadaan bibit pertanian, sarana irigasi pertanian dan juga pengadaan sarana pendidikan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran kepada anak didik.

Selain menampung aspirasi warga dengan sesi dialog, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemberian bantuan khususnya terhadap kaum dhuafa yang ada di desa ini. Bentuk bantuan yang dimaksud terdiri dari Sembilan Bahan Pokok (Sembako) serta taliasih berupa uang yang diberikan secara simbolis oleh Wabup Timbul Prihandjoko.erdapat 350 warga yang menerima paket bantuan tersebut yang terdiri dari 250 paket sembako serta 100 taliasih yang berwujud uang. Nampak rona keceriaan yang terbersit diwajah para penerima bantuan. “Bantuan ini akan banyak memberi manfaat bagi keluarga saya.”Ujar Marwi, warga penerima bantuan tersebut yang berhasil diwawancarai usai menerima paket bantuan ini.

Sementara Syukur Susilo, Kades Kalisalam saat dimintai komentarnya terkait upaya Bupati melalui dinas terkait Pemkab Probolinggo yang memberikan bantuan terhadap warganya, menyampaikan apresiasi yang cukup tinggi. Menurut Syukur, dengan bantuan ini mudah-mudahan akan banyak menopong perekonomian warga meski bersifat sementara. 

Namun Kades Kalisalam ini juga menyampaikan ungkapan hatinya menyangkut bantuan tersebut. ‘Dengan bantuan ini, kami berharap ini yang terakhir. Kalau masih mendapat bantuan, berarti masyarakat miskin di desa kami masih banyak. Kami akan berupaya meminimalisir jumlah warga yang masuk kategori miskin secara bertahap.”ujarnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement