Bupati Lumajang Minta Penyerapan APBD Sesuai Jadwal

LUMAJANG - Bupati Lumajang As’at Malik meminta kepada seluruh Satker yang ada di Lumajang untuk melakukan kegiatannya sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Apalagi anggaran yang sifatnya proyek dimasyarakat, hendaknya dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. Bukan dilaksanakan diakhir tahun, sehingga banyak pekerjaan yang dilaksanakan diakhir tahun anggaran. Hal ini disampaikan Bupati Lumajang As’at Malik ketika membuka rapat dengan seluruh Satker dalam rangka percepatan penyerapan anggaan APBD.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto MM, ketika dihubungi media ini usai rapat tersebut. Katanya, sampai sekarang masih ada beberapa satker yang memiliki kebiasaan penyerapan anggaran dilakukan secara besar-besaran pada akhir tahun anggaran atau pada bulan desember.

“Memang masih ada satker yang penyerapan anggarannya dilakukan secara besar-besaran diakhir tahun anggaran. Seharusnya sesuai dengan tim schedule yang sudah ditentukan. Ini kedepan harus kita tekankan kepada seluruh satker agar kegiatannya dilakukan secara merata dalam satu tahun, agar dampaknya juga bisa dirasakan masyarakat secara luas,” kata Gawat Sudarmanto.

Dikatakan, masalah lemahnya penyerapan anggaran ini bukan hanya masalah di Kabupaten Lumajang, namun terjadi diseluruh Indonesia. Apa yang dilakukan pemerintah, termasuk Kabupaten Lumajang adalah menjalankan instruksi Presiden agar penyerapan anggaran ini bisa maksimal dan yang lebh penting tepat waktu sesuai dengan perencanaan.

“Kedepan sejak dari perencanaan harus sudah matang dan pelaksanaannya harus pada bulan dimana sebuah pekerjaan direncanakan. Jangan ditunda-tunda sampai akhir tahun. Karena kalau yang bersifat proyek atau bantuan kepada masyarakat kan lebih enak kalau pengerjaannya tidak diakhir tahun, sehingga dampak ekonominya bisa dirasakan masyarakat,” tutur Gawat kemudian.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini juga mengatakan secara umum penyerapan anggaran di Kabupaten Lumajang masih cukup baik. “Kalau secara keseluruhan penyerapan anggaran kita masih cukup baik. Hanya masalah penyerapannya saja. Dan itupun hanya ada beberapa satker saja yang perlu pembenahan. Sebagian lainnya sudah cukup baik,” jelasnya kemudian. (h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement