Bupati Kapuas Pimpin Langsung Safari Nyepi


KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi isteri Ary Egahni Ben Bahat, memimpin langsung rangkaian Safari Nyepi Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kamis (10/3) siang hingga petang. Seluruh rangkaian dalam kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini, diwarnai oleh suasanan akrab dan penuh kekeluargaan.

Tampak pula mendampingi kunjungan Safari Nyepi kala itu yakni Wakil Bupati H Muhajirin dan isteri, Sekda Kapuas Rianova bersama isteri serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayatullah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Masrani dan Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Pemerintahan Salman juga beserta isteri.

Pantauan di lapangan, Safari Nyepi kala itu dimulai dengan kunjungan pertama ke kediaman Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Pembangunan Drs I Dewa Gede Oka Ariawan. Saat dikunjungi, Oka Ariawan terlihat gembira dan bahagia saat menyambut tamu kehormatannya karena orang nomor satu dan dua dan di Kabupaten bertandang ke kediamannya.

Hal senada di utarakan pula oleh I Dewa Putu Raka Teja dan I Gusti Putu Yasasila tokoh umat Hindu yang berdiam di pusat kota Kuala Kapuas.Masih dihari yang sama, Bupati Kapuas yang juga didampingi sejumlah Kepala SKPD dan Kepala Bagian terkait, melanjutkan Safari Nyepi ke Kecamatan Basarang dan bertandang ke tokoh masyarakat, aparat desa setempat dan tokoh agama Hindu.

Wayan Sindra Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)Kecamatan Basarang dihadapan Bupati Kapuas dan rombongan saat menjamu tamunya mengutarakan tentang Nyepi yang dilakoni tiga hari lalu itu.“Kami melakukan puasa selama 24 jam dan istirahat penuh dari berbagai aktifitas. Amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak melakukan pekerjaan), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak melakukan hiburan),” jelas Sindra.

Lebih lanjut pria yang menjabat Kepala SMP di Basarang ini menyatakan rasa bangganya kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Kepala SKPD yang bersedia bertandang ke warganya. “Saya atasnama umat Hindu di Kecamatan Basarang menyatakan bangga karena di sela kesibukan Bapak Bupati dan Wakil Bupati beserta ibu mau kerumah kami. Ini adalah bentuk perhatian pimpinan kepada kami. Sebenarnya masih banyak warga yang ingin dikunjungi Bapak, namun karena keterbatasan waktu, kami tetapkan hanya dua belas rumah yang berada di sepanjang jalan Basarang hingga KM 14 Basarang saja,” tutur Sindra .

Sementara itu Bupati Kapuas usai melakukan Safari Nyepi berjanji akan menjadwalkan kegiatan ini setiap tahun “Semua umat beragama memperoleh hak dan kewajiban yang sama. Pemerintah Kabupaten Kapuas akan tetap melaksanakan Safari Nyepi bagi umat Hindu, Safari Natal bagi umat Kristiani dan Safari Ramadhan/Idul Fitri bagi umat Islam,” ujar Ben Brahim. (nata)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement