Bappemas Kab. Probolinggo Gelar Sosialisasi Jalin Matra 2016

Kepala Bappemas Kab. Probolinggo  Heri Sulistyanto S.Sos, M.Si
PROBOLINGGO - Untuk memberi wawasan terhadap penggunaan bantuan yang notabene diperuntukkan bagi masyarakat guna membantu dalam menopang taraf hidupnya, maka Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas) Kabupaten Probolinggo menggelar agenda Sosialisasi Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) tahun 2016.

Pemkab Probolinggo berharap pengelola Jalin Matra  bantuan RTSM siap mengelola dana bantuan program, karena mereka telah menjalani Orientasi teknis pengelolaan bantuan RTSM melalui pendamping yang telah dibentuk sebelumnya bagi sejumlah desa di wilayah ini.Orientasi bagi pengelola dan pelaksana Jalin Matra Bantuan RTSM Tahun 2016 ini dilaksanakan dengan tujuan menyamakan pemahaman terkait pengelolaan bantuan kepada RTSM melalui Bantuan Keuangan Desa.

Agenda yang dilangsungkan di gedung Joyo Lelono ini dihadiri Kabag Pemerintahan, 36 Kades se Kabupaten Probolinggo, KPM, LKD serta ratusan pendamping yang siap mengawal program tersebut. Kepala Bappemas, Heri Sulistyanto S.Sos, M.Si dalam sambutannya sekaligus penyampaian laporannya mengatakan "Secara teknis dalam sosialisasi ini dijelaskan dengan tuntas, bagaimana langkah-langkah pencairan bantuan, distribusi penggunaannya dan pemanfataan bagi RTSM serta pelaporan, supaya tidak menyulitkan pelaksana di tingkat Desa dan Pertanggungjawabannya," katanya.

Sementara Asisten Tata Praja, Ir H Ahmad Hasyim Ashari MM yang mewakili Bupati Probolinggo  P Tantriana Sari SE, mengatakan, adanya program Jalin Matra ini merupakan langkah bijak Pemprov dalam penanggulangan kemiskinan dengan memberdayakan warga dengan kegiatan yang sanggup menopang perekonomian dengan wujud pemberian bantuan.

 “Diharapkan dengan adanya program ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Namun kami meminta agar pengelola program Jalin Matra dapat menjalankan sesuai dengan teknis yang telah ditentukan. Jangan sampai dikemudian hari timbul persoalan yang akan menjerat pengelola dalam pendistribusian bantuan tersebut. ”Ujar Hasyim.

Animo Kades dalam mengikuti kegiatan sosialisasi Jalin Matra ini sangat luar biasa. Secara seksama mereka mendengarkan apa yang menjadi pemaparan dalam agenda sosialisasi tersebut. Hal yang sangat wajar mereka mengapresisasi, mengingat program ini harus dilaksanakan secara benar dan akurat.

Ditempat yang sama, Taufik Alami S.Sos, MM selaku Kabid Keswadayaan Masyarakat Bappemas ketika ditemui Surabaia News Week mengatakan  “Kegiatan ini merupakan satu upaya dari Bappemas untuk lebih memotivasi para pengelola Jalin Matra untuk bisa melaksanakan apa yang menjadi tugasnya. Termasuk pendistribusian bantuan atas program ini yang harus tepat sasaran.”ujarnya.

Ditambahkan oleh Taufiq, bahwa diharapkan instansinya tidak mendengar lagi adanya kesenjangan yang ditimbulkan karena salah sasaran dalam menentukan penerima bantuan program Jalin Matra tersebut. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement