SMAN 1 Kota Probolinggo Fasilitasi Kreativitas Siswa - siswi Lewat Seni

Drs Samsul Anam MM saat memberikan sambutan 
dalam acara Pensi Adikarya Seni SMAN 1
PROBOLINGGO - Kepedulian lembaga pendidikan terhadap potensi yang dimiliki siswa dalam berbagai hal patut mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak. Hal tersebut dimungkinkan bisa menumbuhkembangkan kemampuan dan kreatifitas siswa dari berbagai bidang seni. Seperti yang terlihat saat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 kota Probolinggo menggelar Adikarya Seni yang dilangsungkan di Gedung Widya Harja.

 Agenda Pentas Seni (Pensi) Adikarya Seni ini di isi dengan berbagai kemampuan siswa SMAN 1 dalam berkesenian. Tampil dalam kegiatan tersebut deretan seni berupa Tari Tradisional, sebuah tarian perpaduan dari budaya Indonesia yang diperagakan oleh Mahayana Dancer. Kemudian ada penampilan seni kolaborasi, Samroh, Hadrah, tampilan Tim Paduan Suara, Cheers One, Seni Bela Diri serta Drama Musikal.

 Walikota Probolinggo Hj Rukmini yang diwakili Kadispendik Drs Zainullah MM secara resmi membuka Pensi Adikarya seni tersebut. Nampak hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Dispobpar, Ketua dan Pengurus Komite sekolah SMAN 1, guru serta staf TU serta sejumlah donatur dan sponsor yang mendukung kegiatan tersebut.

 Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Probolinggo, Drs H Samsul Anam MM saat memberi sambutan mengatakan Adikarya seni ini merupakan wadah kreatifitas siswa-siswi dalam mengekspresikan bakat mereka dan memotivasi siswa-siswi untuk menemukan jati diri yang sebenarnya. “Potensi yang terkandung dalam kreatifitas siswa ini, diharapkan akan terus berkembang dan menjadi motivasi untuk menemukan jatidiri yang sesungguhnya.”Ujar Samsul. Dengan tema “Light Up. Find You Own Light” ajang ini secara total menyuguhkan kemampuan anak didik berkreatifitas dalam berkesenian.   

 Sementara Kepala Dinas Pendidikan kota Probolinggo, Drs Zainullah MM dalam sambutannya mengungkapkan rasa takjubnya pada lembaga ini yang mampu memberi peluang bagi siswanya untuk menampilkan kreasitasnya dalam bentuk berbagai kesenian. “Mudah-mudahan kegiatan semacam ini secara berkesinambungan akan terus diadakan. Bagaimanapun memberi peluang bagi siswa dalam berkesnian merupakan wujud kepedulian dan empati segenap pengurus lembaga yang patut diapresiasi.”Ujarnya.

 Kegiatan Pensi merupakan even tahunan yang secara terus menerus diadakan oleh sekolah ini. Biasanya acara tersebut juga berbarengan dengan masa kepengurusan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang akan berakhir dan nantinya di isi dengan pengurus yang baru. “Agenda Pentas Seni ini, secara rutin diadakan tiap tahun dan biasanya kita tetapkan saat kepengurusan Osis berakhir. Jadi ini merupakan puncak kegiatan yang menampilkan kreatifitas siswa dalam seni.”ungkap Samsul Anam.

 Acara yang berlangsung hampir sehari penuh tersebut, terkesan sarat menjunjung tinggi eksistensi kesenian terutama kesenian tradisional dan juga kesenian bersifat agamis. Begitu juga antusias undangan untuk menikmati sajian seni dari siswa SMAN 1 dinilai cukup tinggi. Hal ini dibuktikan para undangan tidak bergeming dari tempat duduknya hingga acara ini usai. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement