Safari Aswaja Center Untuk Meneguhkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah

KH Moh. Hasan Syafii M.Ag dan
Jalalus Sayuti S.H M.H
 
BANGKALAN - Akhir-akhir ini ditengarai perkembangan faham-faham yang ingin merusak basis idiologis islam Ahlus sunah wal jama'ah dan keutuhan NKRI sudah menjalar dan bahkan bisa mengancam secara serius tata kehidupan dikalangan Nahdlatul Ulama, organisasi Islam terbesar di Indonesia, maka dalam rangka menjaga sekaligus meneguhkan islam ahlus sunah wal jamaah, diprakarsai olehTim Aswaja Center,Pengurus Cabang 'melalui Majlis Wakil Cabang ( MWC NU ) Kota bangkalan,di Pondok Pesantren Al-Hikam,kemayoran Bangkalan,menggelar acara Dauroh Aswaja beberapa waktu yang lalu,dengan mengusung tema, "Dengan Daurah Aswaja kita mantapkan Islam Ahlus Sunah Wal Jamaah ".Hadir dalam kegiatan itu  perwakilan dari 13 pengurus ranting di MWC NU kota bangkalan, para Guru Madrasah,para pemuda dan remaja serta pengurus takmir.

 KH Hasan Syafii M.Ag selaku ketua MWC NU kota Bangkalan dalam keteranganya mengungkapkan, Daurah Aswaja merupakan upaya untuk  menjaga paham Islam Ahlus Sunah Wal Jamaah sekaligus untuk mencegah paham-paham yang dapat merusaknya. Sebab saat ini, ditengarai telah terjadi pergeseran pada pola pikir,amalan-amalan dilingkungan Nahdlatul Ulama akibat pengaruh faham-faham lain yang merongrong kewibawaan Nahlatul Ulama.

 Sementara itu ungkapan yang hampir sama juga disampaikan,KH.Nashir Makky,wakil ketua PC NU Bangkalan usai acara mengatakan, "program daurah aswaja di lakukan, pertama sesuai mandat dari hasil Musyawarah Kerja ( MUSKER ) ke III PC NU Bangkalan beberapa waktu lalu, bahwa  program kegiatan Daurah Aswaja akan dilakukan ke seluruh MWC NU di kabupaten Bangkalan.

 Hal itu dimaksudkan  untuk  membentegi dan membenahi bahwasanya, ditengarai telah terjadi pergeseran pola pikir,amalan di lingkungan warga Nahdlatul Ulama ( NU ) akibat pengaruh faham-faham yang tidak selaras dengan Islam Ahlus Sunah Wal Jamaah.

 Menurutnya pula,kedepan kegiatan secara maraton Aswaja center PC NU Bangkalan ke 20 MWC NU ini diharapkan dapat ditindak lanjuti sampai ke ke masyarakat.Tentu, MWC NU yang lebih tahu kondisi wilayahnya masing-masing,tapi yang jelas sasaran utama kegiatan Dauroh aswaja meliputi tiga komponen yaitu, Takmir masjid,Madrasah atau sekolahan dan pondok pesantren.Tiga komponen inilah yang harus diperhatikan,mengingat seringkali faham lain masuk melalui ketiga hal tersebut".tegasnya. 

 Lebih lanjut dikatakan pula,Daurah Aswaja diharapkan mampu melahirkan kader-kader Nahdlatul Ulama ( NU ) yang tangguh dan berkarakter Aswaja tidak hanya membentengi tapi juga mampu melakukan penetrasi faham Aswaja ke semua kalangan".ungkapnya. (Yit)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement