Kota Kediri Raih Penghargaan WTN 2015

KEDIRI- Pemerintah Kota Kediri kembali meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang lalu lintas di kategori kota sedang. Ini merupakan kali ketiga Pemerintah Kota Kediri meraih WTN setelah tahun 2013 dan 2014 meraih penghargaan yang sama.

 Penganugerahan WTN langsung diterima oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar pada Rabu 23 Desember 2015. Bertempat di Istana Kepresidenan Abdullah Abu Bakar atau yang akrab disapa Mas Abu langsung menerima Piala dan Sertifikat WTN dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Kediri sebelumnya telah melakukan pemaparan terkait dengan paparan penilaian penghargaan WTN tersebut. Dalam tahun 2015 ini Dishubkominfo Kota Kediri telah berupaya membuat beragam program untuk mewujudkan keselamatan, keamaan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas dalam bentuk peningkatan pelayanan transportasi publik dengan pemberian subsidi pada seluruh pengemudi angkutan di Kota Kediri. 
     
 Kepala Dishubkominfo Kota Kediri Ferry Jatmiko mengatakan program itu dilakukan sebagai salah satu upaya pengalihan moda transportasi pelajar dari sepeda motor ke angkot. Program angkutan gratis khusus itu untuk pelajar mulai tingkat sekolah dasar (SD) sampai mahasiswa. 
     
 Sebagai gantinya, pemerintah kota memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 6 liter BBM per hari. Pemberian subsidi itu berupa kartu yang diberikan di pos khusus yang telah didirikan oleh Dinas Perhubungan Kota Kediri. 

 Ferry juga menambahkan, penghargaan WTN merupakan penghargaan yang  bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan sarana dan prasarana jalan, mendorong meningkatkan sistem transportasi menjadi lebih baik, melakukan pembenahan organisasi dan pemberdayaan sumber daya manusia. 

 Penghargaan WTN diberikan kepada kabupaten/kota yang dalam penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan dinilai baik, juga memiliki peran dalam  perwujudan peningkatan kualitas pelayanan transportasi perkotaan mengingat peningkatan mobilitas orang dan barang yang terus meningkat sehingga perlu diimbangi dengan penyediaan infrastruktur transportasi yang memadai agar arus perjalanan orang dan barang dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

 “Dengan adanya penilaian kinerja penyelenggaraan transportasi di daerah melalui pemberian penghargaan ini diharapkan akan tercipta hubungan dan komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam pembinaan transportasi perkotaan” kata Ferry.

 Selain itu, Penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2015 menjadikan motivasi dalam upaya peningkatan keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas oleh seluruh pemangku kebijakan lalu lintas dan angkutan jalan diwilayah Kota Kediri.

 Kementrian Perhubungan Republik Indonesia memberikan bantuan berupa Area Traffic Control System (ATCS) pada 3 simpang (Simpang Empat Alun-alun, Simpang Empat Bandar Ngalim dan Simpang Empat Muning) yang berfungsi untuk mengurai kemacetan lalu lintas di simpul-simpul Kota Kediri dengan menggunakan sistem komunikasi antar simpang dengan pusat kendali control di kantor Dishubkominfo Kota Kediri. Melakukan pembangunan fasilitas utama dan penunjang di Terminal Tamanan yang juga memprioritaskan pada masyarakat difabel.

 Meninjau hal tersebut, dinas perhubungan komunikasi dan informatika kota Kediri kedepan akan berupaya meningkatkan pelayanan yang seiring dengan meningkatnya frekuensi layanan angkutan kota pada masyarakat kota Kediri yang berbasis angkutan masal dan berbasis teknologi informasi yang terintegrasi dengan sistem sarana dan prasarana lalu lintas dijalan sebagai wujud pelayanan pada masyarakat di kota modern.(dim)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement