Anggota BIN Gadungan Diringkus




LUMAJANG - Mengaku sebagai anggota BIN (Badan Intelejen Negara), Andik Rahmad Hermanto (35), warga Jl. Kiyai Gozali X / 6 C RT 04, RW 04 Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan/ Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ditangkap petugas pada Selasa lalu sekitar pukul 22.00 WIB. Pria yang sehari-harinya dipanggil Ricky ini, ditangkap di depan Kantor Samsat, Jl Pisang Agung Nomor 50 Kelurahan Tompolersan, Kecamatan Lumajang.

Kronologisnya, korban bernama Farik, warga Tompokersan Lumajang, membuat janji ketemu Andik di depan Kantor Samsat Lumajang terkait rencana mutasi saudaranya. Si saudara Farik ini merupakan anggota polisi yang saat ini berdinas di Sabhara Polda Kendari Sulawesi Tenggara. Si saudara Farik ini berkeinginan untuk pindah tugas (mutasi) ke Jawa Timur.

Saat itulah dia bertemu dengan Andik. Andik mengaku sebagai anggota BIN dan menawarkan jasa kepada Farik untuk melancarkan kepindahan saudaranya ke Jawa Timur. “Selain mengaku sebagai anggota BIN, Andik juga mengaku mempunyai saudara di Mabes Polri di bagian keuangan (yakni Brigjen Pol Bambang Giri),” kata salah satu sumber di Makodim yang enggan disebutkan namanya.

Untuk memuluskan aksi tipu-tipu ini, Andik meminta uang muka Rp 17 juta dan uang jasa sebesar Rp 200.000,- kepada Farik. Mereka membuat janji ketemu pada malam hari. Maka sekitar pukul 21.00 WIB, Andik datang ke tempat yang dijanjikan (depan Kantor Samsat Lumajang) dan meminta uang kepada Farick. Untungnya, saat itu, Farik hanya memberikan uang DP Rp 200.000,- sebagai uang jasa, sedangkan uang mutasi sebesar Rp 17 Juta akan diberikan dua hari kemudian.

Setelah dilakukan transaksi, anggota Unit Intel DIM 0821 Lumajang, Pelda Poniran, langsung meringkus dan mengamankannya ke Makodim bersama barang bukit berupa 1 pistol mainan, indentitas BIN, 1 tas coklat, uang di dalam amplop Rp. 200.000, dompet berwarna hitam berisi uang Rp 725.000, dan ajimat berbagai macam bentuk. Pelaku sudah dimintai keterangan di Makodim.

Sementara itu, Ipda Gatot Budi Hartono, Kasubbag Humas Polres Lumajang, membenarkan penangkapan pria yang mengaku anggota BIN. “Tadi malam rekan-rekan Kodim menangkap orang yang mengaku anggota BIN dan sudah diserahkan ke Polres untuk diproses lebih lanjut,” ujarnya. (h)


Lebih baru Lebih lama
Advertisement