300 Hektar Lahan Perhutani Lumajang Terbakar


Lumajang - Sepanjang tahun 2015, total luas 300 hektar lahan Perhutani yang terbakar di Lumajang. Kebakaran terjadi sebanyak 20 kali di beberapa titik."Rata-rata jenis tumbuhan bawah atau semak-semak," kata Misbahul Munir, Wakil Ketua Administratur Perhutani Lumajang pada Soerabaia Newsweek, Kamis (5/11/2015).

Mayoritas lahan yang terbakar adalah termasuk hutan produksi dan hutan lindung. "Pohon-pohon tua banyak juga yang terbakar," tambahnya. Kebakaran juga mengakibatkan getah pohon pinus gagal dipanen.Hingga kini penyebab kebakaran masih belum diketahu pasti, entah karena kemarau yang berkepanjangan atau disengaja.

Namun kebakaran yang terjadi di Kecamatan Gucialit beberapa minggu lalu sudah berhasil diketahui penyebabnya dan merupakan ulah warga setempat yang berniat membuka lahan untuk pertanian. "Kini pelaku sudah diamnkan oleh Polres Lumajang," terangnya.

Sedangakan titik kebakaran terbesar terjadi di padang savana di Gunung Lemongan. "1 hektar saja sudah ludes dalam satu menit," pungkasnya.(h)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement