Memalukan, Oknum Satpol PP Jombang Jadi Jambret



Surabaya Newsweek - Tindakan yang dilakukan oknum pegawai Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kabupaten Jombang, Yudhi Bagus Purwita (39) sungguh nekat dan tidak pantas ditiru. Dia melakukan aksi penjambretan. Dalam kejahatan jalanan itu, Yudhi bertindak sebagai joki. Warga Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, ini menjadi buron selama setahun lebih. "Pelaku sudah kami tangkap berikut barang bukti. Belakangan pelaku kita ketahui sebagai pegawai Satpol PP Jombang," ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jombang AKP Wahyu Hidayat, Selasa (13/10/2015).


Wahyu menjelaskan, aksi yang dilakukan Yudhi sebenarnya pada Juni 2014 lalu. Kejadiannya di depan warung nasi goreng Jl Raya Cukir, Desa Cukir Kecamatan Diwek. Saat itu, dia membonceng temannya bernama Cahyo Widodo (35). Mereka kemudian menyambar dompet yang tergantung di sepeda motor milik seseorang yang sedang makan di warung nasi goreng tersebut.


Melihat aksi tersebut, Hj Suwaibah (35), pemilik tas sontak berteriak copet dan meminta tolong. Warga yang mendengar teriakan itu langsung mengejar. Apes bagi Cahyo, dia terlempar dari atas motor karena kendaraan yang ia kendarai menghantam jalanan yang bergelombang. Sementara Yudhi yang menjadi joki berhasil lolos.


Sejak itu, polisi terus memburu Yudhi. Hingga akhirnya, korps berseragam cekelat mendapatkan informasi bahwa pelaku yang bertugas sebagai joki tersebut bekerja sebagai Satpol PP. "Setelah buron selama satu tahun lebih. Pelaku kita tangkap di kantornya. Dalam pemeriksaan, dia mengakui semua perbuatannya," pungkas Wahyu. ( Ko )
Lebih baru Lebih lama
Advertisement